Jawa Pos

Proyeksi 2018 Melorot Rp 200 Miliar

-

SIDOARJO – Kekuatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sidoarjo pada 2018 tidak beda jauh dengan tahun ini. Pemkab hanya menargetka­n kekuatan APBD sekitar Rp 3,93 triliun, tepatnya Rp 3.932.147.097.187.

Proyeksi APBD 2018 itu disampaika­n Bupati Saiful Ilah di depan peserta sidang paripurna DPRD Sidoarjo kemarin (3/7). Perkiraan tersebut tertuang dalam kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS).

Menurut Saiful, pada tahun ini total kekuatan APBD Sidoarjo mencapai Rp 4,18 triliun atau tepatnya Rp 4.184.427.916.003. Nah, tahun depan jumlahnya berkurang menjadi Rp 3,93 triliun. Dengan demikian, ada penurunan sekitar Rp 200 miliar. ”Jadi, ada penguranga­n,” jelasnya.

Dari pendapatan daerah, tahun depan pemkab mematok Rp 3,78 triliun. Adapun total belanja Rp 3,93 triliun. Pada tahun ini, pendapatan mencapai Rp 3,85 triliun dan belanja Rp 4,18 triliun. Padahal, biasanya setiap tahun kekuatan anggaran semakin naik. Sebut saja pada 2016, APBD mencapai Rp 3,99 triliun. Lalu, pada 2017 mencapai Rp 4,1 triliun.

Seusai paripurna, Saiful menyatakan, kekuatan anggaran itu belum final karena baru sebatas proyeksi. Dengan demikian, masih mungkin terjadi perubahan. Termasuk dari pendapatan atau belanja. ”Bisa berubah ketika pembahasan,” tuturnya.

Dia menambahka­n, salah satu alasan rendahnya target itu ialah melihat kondisi organisasi perangkat daerah (OPD). Dia khawatir target tinggi bakal menyulitka­n instansi di lingkungan pemkab. ”Saya tidak mau itu,” paparnya.

Namun, meski target yang diusung rendah, pihaknya tidak ingin OPD bekerja asal-asalan. Setiap dinas harus tetap bekerja dengan optimal. Kinerja mesti terus meningkat untuk mendorong pendapatan.

Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan menyatakan, pihaknya sempat kaget adanya penurunan target APBD 2018. Menurut dia, angka Rp 3,9 triliun itu sama seperti nilai APBD dua tahun lalu. ”Saya telepon Pak Zaini untuk mengonfirm­asi itu,” ujarnya. Dia tetap berharap potensi pendapatan bisa terus dimaksimal­kan. (aph/c6/hud)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BAHAS ANGGARAN: Bupati Saiful Ilah menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD Sidoarjo kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS BAHAS ANGGARAN: Bupati Saiful Ilah menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia