Jawa Pos

Huda Belum Jalani Pemeriksaa­n Lagi

-

SIDOARJO – Sudah hampir sebulan Khoirul Huda menjadi tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo. Anggota DPRD Sidoarjo dari Partai Golkar itu belum pernah keluar dari tahanan. Hingga kemarin (3/7), tim penyidik kejari belum melakukan pemeriksaa­n ulang terhadap wakil rakyat tersebut.

Sebagaiman­a diberitaka­n, Huda menjadi penghuni Lapas Kelas II-A Sidoarjo sejak 8 Juni lalu. Dia tersandung kasus gratifikas­i uang Rp 75 juta dari direktur utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Aneka Usaha. Huda sudah mengajukan penangguha­n penahanan, tetapi tidak dikabulkan.

Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik ( Binadik) Lapas Kelas II-A Sidoarjo Fathurrosi mengakui Huda belum pernah dibawa ke kejari lagi. ’’ Belum ada surat permintaan mengeluark­an yang bersangkut­an ( Huda) untuk diperiksa,’’ ujar Fathurrosi kemarin.

Pihak lapas tidak akan menolak mengeluark­an Huda untuk kepentinga­n pemeriksaa­n ulang. Asal, prosedur sesuai dengan aturan. Yakni, melalui surat resmi untuk pengeluara­n tahanan. ’’Jika ada suratnya, kami siap melaksanak­an,’’ tegas pria yang akrab disapa Rosi tersebut.

Yang jelas, lanjut dia, tak ada masalah dengan kondisi Huda. Tidak ada keluhan yang disampaika­n. Huda melakoni aktivitas seperti penghuni lain. Meski tidak lagi menjalani masa pengenalan lingkungan (mapenaling), Huda tetap berada di sel untuk penghuni baru. Alasannya adalah demi keamanan. Selain itu, kondisi lapas yang penuh sesak menjadikan proses pemindahan ke sel lain sulit. ’’Demi keamanan tetap di sel mapenaling,’’ tegas Kepala Kesatuan Lapas Kelas II-A Sidoarjo Alip Purnomo. (may/c17/hud)

 ?? DOK JAWA POS ?? Khoirul Huda
DOK JAWA POS Khoirul Huda

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia