Jawa Pos

Penumpang dari Bawean Membeludak

-

GRESIK – Nabillah semringah. Perempuan 21 tahun itu akhirnya bisa menginjakk­an kaki di daratan Gresik kemarin (3/7). Kapal Bahari Express yang ditumpangi perempuan kelahiran Surabaya tersebut bersandar di Pelabuhan Gresik.

Dia tiba bersama 389 penumpang lain sekitar pukul 11.00. ’’Cuaca baik. Tapi, cari tiketnya susah. Pesannya harus jauh-jauh hari,’’ katanya.

Menurut dia, ada ratusan, bahkan ribuan orang yang mencari tiket untuk balik ke Gresik. Ada dua kapal reguler yang melayani penyeberan­gan Gresik–Bawean. Yaitu, Express Bahari (EB) 8E dan Natuna Express (NE). EB memiliki kapasitas 390 tempat duduk, sedangkan NE hanya 250 tempat duduk. ’’Kabarnya sampai H+10 tiket sudah habis,’’ katanya.

Kantor syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) telah mengantisi­pasi membeludak­nya penumpang arus balik. Caranya, mengharusk­an dua kapal reguler itu melakukan perjalanan pergi pulang (pp) sejak setelah Lebaran. Namun, calon penumpang arus balik tetap membeludak.

Staf Syahbandar Sangkapura, Pulau Bawean, Jalal mengatakan tidak tahu persis soal calon penumpang arus balik yang menuju ke Pelabuhan Gresik. ’’Yang paling tahu agen kapal,’’ katanya ketika dikonfirma­si melalui telepon genggamnya tadi malam (3/7). Yang pasti, setiap hari ada dua kapal, yakni EB dan NE, yang pp Gresik–Bawean. ’’Bahkan, besok (hari ini) ada tiga kapal yang berangkat dari Pelabuhan Bawean,’’ ungkapnya. (yad/c15/roz)

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? LEGA TIBA: Penumpang arus balik dari Sangkapura menurunkan barang bawaan di Pelabuhan Gresik kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS LEGA TIBA: Penumpang arus balik dari Sangkapura menurunkan barang bawaan di Pelabuhan Gresik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia