Jawa Pos

Tip Mengemudi Matik untuk Perempuan

-

SEBAGAIMAN­A yang kita ketahui, ada dua jenis transmisi mobil. Yakni, manual dan matik. Keduanya memiliki kemudi dan pedal. Perbedaann­ya, mobil manual memiliki tiga pedal. Yakni, gas, kopling, dan rem. Sementara itu, mobil matik hanya memiliki dua pedal, yaitu gas dan rem.

Cara mengemudi matik tidaklah berbeda dengan mengendara­i mobil manual. Bedanya hanya pada bagian kopling serta pengemudi tidak diharuskan melakukan perpindaha­n gigi karena gigi akan berpindah secara otomatis.

Perempuan sebaiknya tidak memakai sepatu heels tinggi saat mengendara­i mobil matik. Alasannya, kita tetap harus punya respons yang baik dengan pedal rem dan gas.

Untuk menghemat BBM, apabila sedang di lampu merah atau macet yang agak lama, pindahkan ke gigi N. Gunakan hanya satu kaki kanan. Jangan dua kaki karena ada beberapa orang yang menyetir matik memakai kaki kanan dan kiri. Respon kaki kiri yang tidak terlatih menekan pedal gas dan rem lebih kasar.

Kalau sedang lampu merah, pindahkan transmisi ke N, tapi tetap menginjak rem. Saat berhenti, kita tidak tahu jalannya landai atau sedang turunan/tanjakan. Bila tidak menekan rem, pengemudi bisa kehilangan fokus dan mengakibat­kan mobilnya maju karena power kaki ke pedal rem menurun.

Meski tidak harus ganti gigi, bukan berarti kita bisa melakukan hal lain seperti main ponsel dan dandan. Pengemudi tetap harus fokus ke jalanan.

Terakhir, meski sekarang sudah aman apabila parkir menggunaka­n gigi P, sebaiknya tetap gunakan rem tangan. (*)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia