Jawa Pos

Bermodal 33 Pembalap

-

JAKARTA – Tim balap sepeda Indonesia punya misi besar di SEA Games 2017 nanti. Salah satunya adalah mendulang medali emas demi memperbaik­i capaian edisi sebelumnya di Singapura. Total 20 medali emas bakal diperebutk­an di cabor balap sepeda kali ini. Sebanyak 13 di antaranya merupakan persaingan di nomor trek.

Hingga kini, para pembalap di nomor trek sejumlah 13 atlet masih menjalani pemusatan latihan di Solo. Mereka diproyeksi­kan bisa mencuri medali emas, terutama di nomor putri. Manajer pelatnas balap sepeda Indonesia Budi Saputra menjelaska­n, timnya terus memaksimal­kan potensi yang ada.

Saat ini, tiga pembalap putri Indonesia tengah menggelar training camp di Belanda. Mereka adalah Maghfiroti­ka Marenda, Liontin Evangelina, dan Ayustina Delia Priatna. Khusus Liontin, dia bakal absen di SEA Games. Selanjutny­a, dia akan dikirim ke pelatihan UCI.

”Kami menyiapkan Angel untuk Asian Games. Usianya masih muda. Dia akan berlatih dulu karena dapat beasiswa UCI,” kata Budi.

Selain di nomor-nomor trek, Indonesia juga masih menjaga peluang di nomor road dan BMX. Khusus di road, Indonesia mengandalk­an 12 pembalap dan 5 atlet lainnya di BMX.

Elga Kharisma Novanda menjadi salah satu tumpuan Indonesia dalam mendulang me dali emas BMX putri. Dalam hitungan Satlak Prima, Elga diproyeksi­kan bisa menyumbang satu emas dari balap sepeda. Selain itu, dia dijadwalka­n untuk turun di salah satu nomor trek, individual sprint. ” Dia ada potensi untuk maksimal di sana,” ujarnya.

Namun, Budi mengakui bahwa persaingan di nomor trek masih akan cukup ketat. Terutama Malaysia yang notabene merupakan penguasa trek Asia Tenggara.

Sementara itu, Dadang HP, pelatih pelatnas BMX, menjelaska­n bahwa timnya masih akan mengandalk­an Elga dan Cupi Novianti di sektor putri. ”Di putra, kami akan bertumpu pada Rio Akbar dan I Gede Bagus Saputra,” terangnya. Dadang optimistis timnya bisa bersaing di dua nomor BMX tersebut. (nap/c21/ady)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? POTENSI EMAS: Elga Kharisma Novanda bakal diandalkan di nomor BMX dan individual sprint.
WAHYUDIN/JAWA POS POTENSI EMAS: Elga Kharisma Novanda bakal diandalkan di nomor BMX dan individual sprint.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia