Jawa Pos

Langkah Brutal dari Barat

Hari ini tim-tim NB NBA secara resmi boleh melakukan trade dan mengontrak pemain. Namun, sebetulnya itu cuma formalitas. Sebab, p para pemain kakap sudah terlebih dulu menentukan na nasib. Tim-tim wilayah barat melakukan langkah-langkah lu luar biasa untu

-

PERINGKAT ketig ketiga musim reguler wilayah bara barat musim lalu, Houston Roc Rockets, terlebih dulu melak melakukan gebrakan dengan mendatangk­an salah seorang terbaik NBA saat ini, Ch Chris Paul. Oklahoma CityC Thunder tak mauma kalah. Mereka mendaratka daratkan salah satu bin bintang dengan sina sinar paling terang, Paul G George. Tim-tim lain macam Minnesota Timberwolv­es (menda( patkan Jimmy Butl Butler) dan Denver Nuggets (mengontrak(men Paul Millsap) akan membuatm persaingan wilayah b barat mu- sim depan makin luar biasa. Dari wilayah timur, Boston Celtics juga melakukan langkah penting dengan mendatangk­an pemain All-Star 2017 Gordon Hayward. Apa yang mereka lakukan itu mungkin saja mampu mendekatka­n gap dengan juara bertahan Golden State Warriors.

Meski begitu, Warriors tak kalah solid dalam melakukan gerakan-gerakan di

Keputusan Kevin Durant untuk mau menerima uang yang lebih sedikit daripada yang seharusnya bisa dia dapatkan membuat Warriors semakin mudah untuk mengisi ruang pada salary cap.

”Pengorbana­n” Durant membikin Warriors tidak kehilangan dua pemain krusial dari bangku cadangan. Super-sixth man Andre Iguodala sukses diikat dengan perpanjang­an kontrak tiga tahun senilai USD 48 juta (Rp 643,1 miliar). Sedangkan point guard cadangan penting Shaun Livingston mendapatka­n kontrak baru selama tiga tahun dengan nilai USD 24 juta (Rp 321,5 miliar).

Warriors juga bisa menambah pemain cadangan untuk memperkuat tim dalam menghadapi kompetisi yang panjang. Antara lain mengikat forward Omri Casspi. Selain itu, yang paling signifikan adalah menjadikan MVP 2015 dan 2016 Stephen Curry sebagai pemain pertama dengan nilai kontrak lebih dari USD 200 juta (Rp 2,6 triliun) dalam sejarah NBA. Curry bertahan sampai lima tahun lagi atau 2022 di Warriors.

Warriors juga optimistis bisa mempertaha­nkan center utama Zaza Pachulia. Juga, yang terbaru, kemarin juara NBA lima kali itu sukses merekrut shooting guard tajam Nick Young. Kepastian tersebut disampaika­n agen Young, Mark Bartelstei­n, kepada ESPN.

Penembak jitu 32 tahun itu diikat Warriors dengan satu tahun kontrak senilai USD 5,2 juta (Rp 69 miliar). Artinya, Young rela menurunkan ”tarif” demi bergabung dengan tim juara bertahan.

Padahal, jika mau mengambil player option untuk bertahan di Lakers sebelum bursa free agent dibuka 1 Juli lalu, Swaggy P –julukan Young– berpotensi mendapat kontrak yang sedikit lebih besar dengan nilai USD 5,7 juta (Rp 76 miliar).

”Stephen Curry, Kevin Durant, dan Draymond Green ikut menghubung­i Nick Young agar dia mau bergabung. Itu berarti sangat besar baginya,” cuit Tania Ganguli dari Los Angeles Times.

Warriors saat ini juga masih berusaha mempertaha­nkan center cadanganny­a, JaVale McGee yang berstatus free agent. Pemain 29 tahun tersebut kemarin diberitaka­n sedang bernegosia­si dengan Los Angeles Clippers.

Young musim lalu menjalani salah satu musim terbaik dalam sepuluh tahun karirnya di NBA. Head coach Lakers Luke Walton, yang tidak lain mantan asisten pelatih Warriors, membuat Young bangkit dan menemukan lagi permainan terbaiknya.

Mantan kekasih penyanyi Iggy Azalea tersebut musim lalu mencetak 13,2 poin dan 2,3 rebound per game. Persentase tembakanny­a tinggi, mencapai 43 persen. Akurasi tembakan tiga angkanya juga apik (40,4 persen) sepanjang musim. (irr/c11/nur)

 ??  ?? point guardterdg­uard off-season.
point guardterdg­uard off-season.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia