Jawa Pos

Menristekd­ikti Dorong Riset dan Publikasi

-

SURABAYA Perayaan Dies Natalis Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran” Jawa Timur berlangsun­g kemarin (6/7). Pada usianya yang ke-58 tahun, UPN berkomitme­n berkontrib­usi untuk negeri. Hal tersebut ditunjukka­n dari pameran teknologi tepat guna untuk Nusantara yang juga diluncurka­n. Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Prof H Mohammad Nasir membuka pameran itu.

Pada pameran tersebut terdapat 30 stan. Produk teknologi tepat guna dari UPN sudah diterapkan banyak warga pedesaan. Dalam kesempatan itu, Nasir langsung meninjau beberapa stan.

Nasir juga turut meluncurka­n produk teknologi tepat guna mutakhir dari UPN. Namanya, produk Propac. Itulah mesin untuk praproduks­i dan pascapanen. Alat tersebut akan dimanfaatk­an masyarakat pedesaan yang didampingi UPN.

Dalam sambutanny­a, Nasir menekankan pada jumlah penelitian dan publikasi. Menurut dia, penting bagi kampus untuk menghasilk­an dua hal itu sebanyak-banyaknya.

Selama enam bulan terakhir, sudah ada 8.044 publikasi. Jumlah tersebut diharapkan Nasir terus naik hingga akhir tahun ini. Targetnya, 16 ribu di tahun ini. Tahun lalu 11.784 publikasi,” jelasnya.

Karena itu, Nasir mendorong kampus untuk meningkatk­an riset dan menggencar­kan publikasi. Apalagi, ucap dia, jumlah tersebut harus diupayakan melampaui Malaysia dan Singapura.

Pada kesempatan itu, dilaksanak­an deklarasi deradikali­sasi seluruh perguruan tinggi yang hadir. Sekretaris utama Badan Nasional Penanggula­ngan Terorisme Mayjen TNI Gautama Wiranegara memaparkan kondisi terkini. Deklarasi tersebut menjadi komitmen kampus dalam memerangi radikalism­e, terorisme, cyber crime, hingga persoalan narkoba.

Rektor UPN Prof Teguh Soedarto menyatakan, deklarasi deradikali­sasi merupakan wujud lain dari kontribusi UPN. Sebagai kampus bela negara, kita harus memahami adanya fenomena ini sekaligus turut mencarikan solusi,” ungkapnya. (kik/c20/nda)

 ??  ?? TEPAT GUNA: Rektor UPN Prof Teguh Soedarto (kanan) mendamping­i Menristekd­ikti Prof H Mohammad Nasir (dua dari kanan) mengunjung­i salah satu stan pameran di UPN Veteran Jatim kemarin. ZAIM ARMIES/ JAWA POS.
TEPAT GUNA: Rektor UPN Prof Teguh Soedarto (kanan) mendamping­i Menristekd­ikti Prof H Mohammad Nasir (dua dari kanan) mengunjung­i salah satu stan pameran di UPN Veteran Jatim kemarin. ZAIM ARMIES/ JAWA POS.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia