Jawa Pos

Hari Ini Etape Gunung Terberat

-

STATIONS DES ROUSSES – Pembalap Direct Energie dari Prancis Lilian Calmejane memenangi etape kedelapan Tour de France tadi malam. Dia finis solo, 37 detik di depan rider terdekat, Robert Gesink (Team LottoNL-Jumbo). Itu menjadi kemenangan etape kali kedua Calmejane di grand tour. Tahun lalu kemenangan pertamanya tercatat di Vuelta a Espana. ’’Sejak awal kami berada di depan. Tetapi, aku tidak pernah berpikir bisa menang dengan dominasi seperti ini,’’ ucap Calmejane dilansir Cycling News. Chris Froome (Team Sky) masih menyandang yellow

unggul 12 detik atas rekan setimnya, Geraint Thomas. Thomas sempat mengalami kecelakaan di tengah lomba. Namun, dia bisa bangkit dan meneruskan lomba tanpa kehilangan waktunya.

Etape kesembilan TdF hari ini melombakan finis pertamanya di tanjakan. Bukan sekadar tanjakan biasa, etape kesembilan juga disebut queen stage di TdF. Dimulai dari Nantua, rute sepanjang 181,5 menuju Chambery tersebut diwarnai empat tanjakan menyiksa.

Pertama, tanjakan kategori kedua begitu lepas dari Nantua. Dilanjutka­n dengan tanjakan kategori ketiga di Col de la Biche. Lalu, tanpa ada kesempatan beristirah­at, pembalap dihadapkan kepada tanjakan mengerikan di Grand Colombier yang dikenal dengan Directissi­ma. Kemiringan maksimalny­a 22 persen. Balapan akan dikhiri tanjakan di Mont du Chant. Finis tersebut tidak pernah dilewati Tour sejak 1974.

Etape ini disebut-sebut yang terberat di TdF 2017. Ratarata kemiringan tanjakan sembilan persen. Mont du Chat sendiri ditahbiska­n sebagai salah satu pegunungan paling menantang di TdF sepanjang sejarah. (cak/c4/nur)

 ??  ?? jersey,
jersey,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia