Jawa Pos

SENGAJA DIBIKIN SERBANORAK SUPAYA LUCU

Dimas Djay, Sosok di Belakang Iklan Indoeskrim yang Viral

-

SEPEKAN terakhir, warganet dan pengguna media sosial dihebohkan iklan es krim yang jayus dan konyol. Iklat tersebut semakin viral setelah masuk Instagram situs humor 9gag. Dimas Djayadinin­grat, sutradara iklan itu, tidak menyangka iklannya jadi sepopuler sekarang.

IKLAN tersebut menggabung­kan semua elemen jayus di dunia. Yakni, sinetron legenda kolosal era 90-an dengan efek visual jelek, lengkap dengan setting kerajaan, adegan laga, dialog superdrama­tis, hingga kendaraan elang raksasa. Setting tradisiona­l itu digabungka­n dengan benda-benda kekinian seperti smartphone (iPhone dengan case ukiran emas segede talenan), GPS (yang bisa ngomong: ” You are on the fastest

route despite usual traffic”), hingga freezer berisi es krim. Sejak diunggah di Instagram 9gag pada Sabtu (8/7), iklan tersebut ditonton 10,1 juta kali, sedangkan di Facebook ditonton 7,4 juta kali. 9gag memberinya caption: 100% Indonesian donesian

Masterpiec­e. Di kanal YouTube resmi Indoeskrim rim Nusantara, versi lengkapnya yang berdurasi tigaa menit tersebut ditonton 1,3 juta kali.

Ternyata sutradara Dimas Djayadinin­gratlah yang berada di belakang iklan lucu Indoeskrim Nusantara itu. Meski menggarapn­ya dengan serius, Dimas terkejut juga karyanya menjadi sangat viral. ”Saya kaget sih, bisa juga ya masuk 9gag. Yang katanya generasi milenial adalah pencapaian luar biasa,” ujar Dimas, lantas tertawa.

Sutradara Tusuk Jelangkung dan Quickie Express ss itu bercerita, dirinya diminta agensi Mullen Loweowe untuk membuat iklan Indoeskrim Nusantara guna diputar di internet. Awalnya, agensi menawarkan konsep keluarga modern dengan kakak-adik yang berebut es krim. Namun, Dimas punya ide lain. ”Sekalian aja dibikin koplak dan norak supaya lucunya dapet,” ujarnya.

Setelah brainstorm­ing, Dimas membuat iklan yang terinspira­si drama kolosal macam Angling Dharma, Misteri Gunung Merapi, atau Tutur Tinular. Bagi sutradara 43 tahun itu, drama kolosal punya efek yang menarik dan lucu jika ditonton saat ini. Dimas akrab dengan drama kolosal. Demikian pula audiens Indonesia saat itu. Dia ingin menawarkan nostalgia dengan elemen surprise. Misalnya, ponsel dan GPS. Benar saja, dua hal itu menambah kelucuan iklan. Belum lagi, case ponsel berwarna emas. Dimas mengaku sering ditanya di mana membeli case serupa. Efek visual pun sengaja dibuat kasar seperti zaman dulu. Misalnya,Misalny burung elang yang dinaiki sang raja. Burung tersebutte­r sejatinya adalah boneka yang didesain asal-asalan sehingga menyerupai burung pipit alih-alih elang. Pergerakan­nya dibantu kru sehingga terlihat kaku sekaligus lucu. ”Semakin norak, semakin kocak kan?” kata Dimas. Untuk syuting, Dimas memilih sebuah hutan di Cileungsi yang sering menjadi lokasi pengambila­n gambar drama kolosal. Di sana dia menggelar green screen untuk adegan elang terbang. Green screen sengaja tidak dipasang rapi sehingga tampak kasar dan apa adanya. ParaP pemain yang dipilih Dimas juga rata-rata pernah bermain drama kolosal agar akting mereka meyakinkan. Iklan itu juga memakai sistem dubbing, persis karakteris­tik drama kolosal yang sering diputar di salah satu TV swasta. Total, iklan tersebut dibuat selama sepuluh hari. Siapa sangka, video yang dibuat dengan absurd dan (sengaja) asal-asalan itu malah sukses. (len/c25/na)

 ?? DIMAS DJAY FOR JAWA POS ?? HUTAN KERAMAT: Dimas Djay (kanan) saat syuting iklan Indoeskrim Nusantara. Dilakukan di hutan yang sering jadi lokasi syuting sinetron legenda kolosal.
DIMAS DJAY FOR JAWA POS HUTAN KERAMAT: Dimas Djay (kanan) saat syuting iklan Indoeskrim Nusantara. Dilakukan di hutan yang sering jadi lokasi syuting sinetron legenda kolosal.
 ?? FOTO-FOTO: YOUTUBE INDOESKRIM NUSANTARA ?? JAYUS MAKSIMAL: Adegan raja naik elang (yang mirip pipit) sambil melihat GPS, juga case ponsel emas dan galon air, paling bikin ketawa netizen.
FOTO-FOTO: YOUTUBE INDOESKRIM NUSANTARA JAYUS MAKSIMAL: Adegan raja naik elang (yang mirip pipit) sambil melihat GPS, juga case ponsel emas dan galon air, paling bikin ketawa netizen.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia