Jawa Pos

Jerman-RI Garap Energi-Kehutanan

-

JAKARTA – Jerman berkomitme­n terus meningkatk­an kerja sama dengan Indonesia. Duta Besar Jerman di Jakarta Michael von Ungern-Stenberg menyatakan, setiap dua tahun pemerintah Jerman selalu memperbaru­i kerja sama dengan Indonesia.

’’Delegasi dari Berlin akan datang untuk membahas kerja sama yang bakal dilakukan dengan Indonesia tahun depan,’’ kata Ungern-Stenberg saat ditemui di Hotel Mandarin Oriental kemarin (12/7).

Dia menilai, ada beberapa sektor yang layak dikerjasam­akan. Misalnya, energi, kehutanan, dan iklim. Dua sektor terakhir menjadi sektor utama yang didukung pemerintah Jerman. ’’Kami akan memberikan lebih banyak sumber daya lagi untuk itu,’’ ungkap Ungern-Stenberg.

Di bidang pendidikan, kerja sama juga akan makin ditingkatk­an. Untuk pendidikan vokasi, Indonesia dan Jerman sudah menyepakat­i kerja sama. Khususnya untuk kegiatan magang bagi lulusan SMK di berbagai perusahaan Jerman. Di sisi lain, Jerman terus mempromosi­kan negara mereka kepada para pelajar di Indonesia agar tertarik belajar di Jerman. Ada dua langkah yang dilakukan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta. Yakni, menjalin kerja sama dengan universita­s untuk mengadakan pertukaran pelajar serta masuk ke sekolah-sekolah melalui pelajaran bahasa Jerman. (and/c5/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia