Jawa Pos

Sehari Dua Mobil Dilalap Api

-

SURABAYA – Insiden mobil terbakar kembali terjadi di metropolis Rabu kemarin (12/7). Si jago merah melalap dua mobil di kawasan Wiyung dan Mayjen Sungkono. Dugaan penyebab kebakaran dua mobil itu pun klasik. Akibat korsleting kabel.

Peristiwa pertama terjadi dini hari kemarin (12/7) di kawasan Wiyung. Sebuah mobil Daihatsu Gran Max hitam bernopol L 9615 D terbakar saat diparkir di Jalan Balas Klumprik.

Peristiwa yang terjadi pada pukul 00.15 itu langsung ditangani Polsek Wiyung, dinas kebakaran, dan sejumlah aparat terkait. Kanitreskr­im Polsek Wiyung AKP Sugimin menyatakan, api terlihat oleh pengemudi mobil pada pukul 00.10. Api tersebut muncul dari bagian kap depan. Mobil itu tengah terparkir di depan SDN Balas Klumprik I.

Musibah kedua diderita Roli Ispana. Warga Bubutan itu tampak panik saat mengetahui mobil yang dikendarai­nya terbakar kemarin siang (12/7). Padahal, rencananya dia hendak memasukkan mobil tersebut ke bengkel mobil langganann­ya.

Saat itu, pria 35 tahun tersebut tengah mengendara­i sedan Mercedes-Benz B 500 CL dan melintas di Jalan Mayjen Sungkono dari arah timur. Sampai di traffic light TVRI, mobil berhenti karena lampu merah. Tiba-tiba dari kap depan mobilnya keluar asap. Sontak, Roli kaget. ”Saya panik, langsung keluar dari mobil,” ujarnya. Dia juga tampak bingung ketika mobilnya terbakar.

Roli lantas meminta tolong kepada sejumlah warga yang melintas. Dengan alat seadanya, warga berusaha membantu. Namun, ada juga warga yang berhenti hanya untuk menonton. Akibatnya, Jalan Mayjen Sungkono yang semula lancar menjadi macet.

Dia menjelaska­n, mobil berwarna ungu itu memang tidak prima dan hendak dibawa ke bengkel untuk kembali diservis. ”Senin kemarin (10/7) mobil barusan keluar dari bengkel. Tapi, masih ada yang belum beres. Makanya, mau saya bawa ke bengkel lagi,” jelas Roli.

Feby Ardian, seorang satpam yang melihat kejadian tersebut, menuturkan bahwa percikan api terlihat setelah mobil menghentik­an lajunya. Kemudian, api semakin besar yang diikuti kepulan asap yang keluar dari kap mobil. Beruntung, mobil tangki air dari dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau melintas. ” Nggak sampai 10 menit, api sudah padam,” katanya.

Laporan insiden tersebut masuk ke command center pukul 11.20. Berselang dua menit, polisi lalu lintas Polsek Dukuh Pakis tiba di lokasi. Polisi memintai keterangan sopir dan memeriksa surat-surat kelengkapa­n kendaraan. Dari surat kendaraan yang ada, mobil diketahui atas nama Francis Hariono, warga Darmo Permai Timur.

Pukul 11.45, mobil derek dari dishub datang. Mobil lantas diderek dan dievakuasi dari tengah jalan. Dugaan, penyebab kebakaran mobil tersebut adalah korsleting listrik. (han/mir/c6/ano)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia