Jawa Pos

Purel, Narkoba, dan Muda-Mudi Mesum

-

SIDOARJO – Petugas gabungan kembali menyisir rumah hiburan umum (RHU) karaoke di Kota Delta. Sejumlah pelanggara­n ditemukan. Di antaranya, sejumlah rumah karaoke nekat mempekerja­kan purel atau perempuan pemandu lagu. Petugas juga mendapati pengunjung yang mengonsums­i narkoba sabu-sabu (SS). Selain itu, ada pasangan muda-mudi yang berbuat mesum.

Jumlah petugas yang terlibat dalam razia mendadak itu cukup banyak. Yakni, lebih dari 70 personel. Mereka berasal dari satpol PP, Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Sidoarjo, dan anggota Polresta Sidoarjo.

Razia itu dimulai pukul 20.00. Awalnya, petugas menyisir kompleks Taman Pinang Indang (TPI). Ada dua RHU karaoke di kawasan TPI. Yakni, X2 dan Top Karaoke. Lokasi dua RHU karaoke tersebut berdekatan. Begitu masuk ke ruanganrua­ngan di X2, seluruh pengunjung diperiksa. Petugas juga langsung melakukan tes urine. Hasilnya, ada pengunjung yang positif narkoba.

Pengunjung itu teridentif­ikasi bernama Sukarti, warga Kelurahan Celep Utara, Sidoarjo. Perempuan 42 tahun tersebut hanya bisa menunduk. Di hadapan petugas, Sukarti mengakui menggunaka­n SS empat tahun lalu. Kemudian, dia mengikuti rehabilita­si dan dinyatakan sembuh. ”Tapi, tadi sebelum ke sini (rumah karaoke, Red), saya ditawari SS sama teman dan makai lagi,” jelasnya sambil memelas kepada petugas.

”Tidak bisa kami tahan. Dia hanya diwajibkan ikut program rehabilita­si,” ujar

Kepala BNNK Sidoarjo AKBP Supriyanto.

Selain menemukan pengunjung yang positif narkoba, petugas memergoki sepasang muda-mudi mesum. Pasangan itu berinisial IS dan FF. Keduanya disebutseb­ut mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta di Sidoarjo. Saat petugas datang, muda-mudi tersebut kaget bukan kepalang. Maklum, saat itu keduanya tepergok saling bercumbu dan bermesraan di ruang karaoke.

FF sempat menangis sesengguka­n saat didata petugas. Perempuan asal Ngoro, Mojokerto, tersebut hanya pasrah saat diinteroga­si petugas. Lalu, petugas menyita kartu identitas keduanya. Selain itu, petugas meminta orang tua mereka datang ke kantor satpol PP untuk mendapatka­n pengarahan.

Setelah menyisir RHU karaoke di kawasan TPI, petugas beralih ke kompleks pertokoan Sun City di Jalan Pahlawan. Di tempat tersebut, hanya terdapat lima pengunjung. Petugas langsung melakukan tes urine kepada lima pengunjung itu. Namun, semua pengunjung negatif narkoba.

Operasi gabungan itu tidak hanya digelar saat malam. Kemarin pagi (12/7) petugas melanjutka­n operasi di sejumlah rumah kos. Salah satunya adalah Perumahan TPI Blok C. Setelah itu, petugas beralih ke Pondok Sidokare Indah, Kelurahan Lemah Putro. Petugas tidak menemukan penghuni yang positif narkoba. Selain RHU karaoke dan tempat-tempat kos, petugas menyasar pengunjung stasiun kereta api Sidoarjo. Namun, tidak ditemukan pengunjung stasiun yang mengonsums­i narkoba. (jos/c16/hud)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ??
BOY SLAMET/JAWA POS
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? OPERASI MENDADAK: Petugas dari satpol PP, BNNK Sidoarjo, dan polresta melakukan razia RHU karaoke pada Selasa malam. Foto kanan, petugas gabungan juga menyisir rumah kos untuk melakukan tes narkoba.
BOY SLAMET/JAWA POS OPERASI MENDADAK: Petugas dari satpol PP, BNNK Sidoarjo, dan polresta melakukan razia RHU karaoke pada Selasa malam. Foto kanan, petugas gabungan juga menyisir rumah kos untuk melakukan tes narkoba.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia