Jawa Pos

Variasi Isi Martabak

-

GRESIK – Kota Pudak kaya akan beragam kuliner. Salah satu yang khas martabak usus. Saat ini variannya kian beragam. Misalnya, yang dibuat Endang Triyani dan suaminya, Rudianto. Ada tujuh varian martabak.

”Awalnya, bikin martabak usus dulu. Karena keluarga saya suka pedas, jadi saya bikin yang pedas sekalian. Dan dinamai martabak mercon usus,” kata Endang.

Isian lain sebagai variasi tambahan kemudian menyusul pada 2011. Itu terjadi setelah sebelas tahun Endang membuat martabak usus mercon. Varian tersebut, antara lain, martabak dengan isian tahu, abon, daging sapi, sosis, hingga siomay. Semua varian itu juga dilengkapi dengan pilihan pedas dan orisinal.

Varian mercon atau pedas dihasilkan dari sambal buatan Endang. Sambal tersebut tidak dicampur menjadi satu dengan bihun atau usus. Tapi, dimasukkan satu per satu ke dalam kulit martabak. ”Kalau diaduk jadi satu, rasa pedasnya malah enggak terlalu terasa,” imbuhnya.

” Martabak usus itu sudah jadi camilan wajib masyarakat Gresik. Saya juga sering na ruh stok setengah matang di kulkas. Ka lau lagi pengin ngemil, tinggal goreng. Apa lagi pilihan isiannya banyak. Jadi, enggak bosan,” kata Gustiti Gunaryah, penikmat mar tabak. ( hay/ c6/ dio)

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ??
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia