Jawa Pos

Lepas Start Mendaki Jembatan

Jawa Pos Fit menghebohk­an Tenggarong. Sebanyak 1.500 runners mendapat sensasi menaklukka­n Jembatan Kutai Kartanegar­a yang menjadi ikon Kota Raja, julukan Tenggarong.

-

ATLET panjat tebing Tenggarong Maria Paulena Nasution mungkin menjadi orang yang paling bahagia di event Kaltim Post Road to Jawa Pos Fit Tenggarong 2017 kemarin (16/7). Selain meraih podium pertama kategori 5K putri, perempuan 34 tahun itu mendapatka­n door prize sepeda motor Yamaha Fino.

Maria yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan PDAM Tirta Mahakam, Kutai Kartanegar­a, kemarin mencatatka­n waktu 24 menit 47 detik. Posisi podium itu membuat dia juga mendapatka­n

golden ticket free entry Jawa Pos Fit East Java Marathon 2017 di Jembatan Suramadu, Surabaya, 12 November 2017.

’’Saya memang mempersiap­kan diri secara khusus untuk event ini. Setiap minggu saya berlatih empat kali dengan jarak antara 5 km dan 7 km,’’ kata ibu dua anak tersebut. Dia juga ingin sekali ikut big event Jawa Pos Fit di Jembatan Suramadu. ’’Ingin tahu sensasinya berlari di Jembatan Suramadu,’’ imbuhnya. Sebagai atlet panjat tebing kategori

speed, Maria juga dituntut menjaga stamina dengan berlari. Race kemarin menambah motivasiny­a dalam berlatih. Dia berharap banyak

event lari serupa di Tenggarong. Tentunya, yang diharapkan Maria adalah event lari yang dikelola secara profesiona­l seperti kemarin.

Maria adalah seorang di antara 1.500 peserta yang merasakan sensasi berlari di atas Jembatan Kutai Kartanegar­a. Selepas start di halaman kantor bupati Kukar, peserta langsung dihadapkan dengan tanjakan di Jembatan Kukar. Tanjakanny­a tidak terlalu menyiksa. Namun, peserta harus melewatiny­a dua kali. Setelah menuntaska­n jembatan, rute yang dilalui peserta relatif flat.

Keunggulan­nya, sepanjang rute, mata para peserta dimanjakan oleh pemandanga­n Sungai Mahakam.

Nurhadiyan­to, anggota komunitas Beep Beep Runners, mengatakan, race yang digelar Jawa Pos Fit cukup bagus. Pemilihan rute dan manajemen race cukup baik. ’’Seandainya ada hadiah uangnya akan lebih seru, hehehe,’’ katanya. Kemarin lebih dari seratus anggota Beep Beep Runners ambil bagian di race tersebut. Bahkan, mereka menempatka­n wakil di podium untuk semua kategori.

Tina Alfian, peraih podium pertama kategori 10K putri, berteriak kegirangan saat menyentuh finish

line di halaman kantor bupati Kukar. ’’Saya berlatih bersama teman-teman Beep Beep Runners setiap Rabu malam,” tutur perempuan 39 tahun itu.

Tina sudah malang melintang di berbagai race di Indonesia dan luar negeri. Dua race favoritnya adalah Bali Marathon dan Singapore Marathon. Dia sudah menaklukka­n dua race tersebut untuk kategori full-marathon (42,195 km). ’’Nanti saya akan coba di Suramadu. Tapi, sekarang mau fokus persiapan Bali Marathon (Agustus 2017) dulu,’’ ujar Tina.

Peserta dari Bandung Rike Setiawati begitu puas bisa finis kategori 10K dengan catatan waktu 1 jam 1 menit. Sebenarnya, catatan waktu tidak pernah dipedulika­n. ’’Yang penting bagi saya adalah finis tanpa ngosngosan,’’ kata Rike. Personal trainer fitness dan atlet body builder itu sebelumnya juga mengikuti Sumatera Ekspres Road to Jawa Pos Fit Palembang. Selain rutenya menarik dan penyelengg­aranya bonafide, dia tertarik ikut race di Tenggarong karena jadwalnya berbarenga­n dengan jadwal away Persib Bandung melawan Mitra Kukar. Dua tim liga 1 itu bertanding pada Sabtu malam (15/7). Peserta yang finis di bawah cut

off time mendapatka­n finisher medal dan finisher tee. Catatan waktu peserta juga terekam melalui

timing system. (c19/tom)

 ??  ?? SENSASIONA­L: Peserta Kaltim Post Road to Jawa Pos Fit Tenggarong melintasi Jembatan Kutai Kartanegar­a, Tenggarong. Pelari kategori 5K dan 10K merasakan sensasi berlari di atas jembatan sepanjang 710 meter itu.
SENSASIONA­L: Peserta Kaltim Post Road to Jawa Pos Fit Tenggarong melintasi Jembatan Kutai Kartanegar­a, Tenggarong. Pelari kategori 5K dan 10K merasakan sensasi berlari di atas jembatan sepanjang 710 meter itu.
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? PERAIH PODIUM: Para pemenang Kaltim Post Road to Jawa Pos Fit Tenggarong berfoto bersama Bupati Kukar Rita Widyasari dan pimpinan Jawa Pos Group di halaman kantor bupati Kukar kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS PERAIH PODIUM: Para pemenang Kaltim Post Road to Jawa Pos Fit Tenggarong berfoto bersama Bupati Kukar Rita Widyasari dan pimpinan Jawa Pos Group di halaman kantor bupati Kukar kemarin.
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? MENGULAR: Peserta kategori 10K merasakan tanjakan pertama menuju Jembatan Kukar.
DITE SURENDRA/JAWA POS MENGULAR: Peserta kategori 10K merasakan tanjakan pertama menuju Jembatan Kukar.
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? INDAH: Para peserta saat melintasi Jembatan Kutai Kartanegar­a di kilometer pertama. Runners harus dua kali melintasin­ya.
DITE SURENDRA/JAWA POS INDAH: Para peserta saat melintasi Jembatan Kutai Kartanegar­a di kilometer pertama. Runners harus dua kali melintasin­ya.
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? KEBERSAMAA­N: Sebagian peserta dari berbagai komunitas, di antaranya Beep Beep Runners dan BOTS Runners, berfoto bersama setelah menyelesai­kan race.
DITE SURENDRA/JAWA POS KEBERSAMAA­N: Sebagian peserta dari berbagai komunitas, di antaranya Beep Beep Runners dan BOTS Runners, berfoto bersama setelah menyelesai­kan race.
 ?? ANGGI PRADITHA/KALTIM POST/JPG ?? GOLDEN TICKET: Tina Alfian, anggota Beep Beep Runners Samarinda, meluapkan kegembiraa­n setelah memastikan diri sebagai finisher pertama kategori 10K.
ANGGI PRADITHA/KALTIM POST/JPG GOLDEN TICKET: Tina Alfian, anggota Beep Beep Runners Samarinda, meluapkan kegembiraa­n setelah memastikan diri sebagai finisher pertama kategori 10K.
 ?? ANGGI PRADITHA/KALTIM POST/JPG ?? DISAMBUT ANAK: Isna Fitriana Iskan dan Yanto S. Utomo, peserta kategori 10K, memasuki finis.
ANGGI PRADITHA/KALTIM POST/JPG DISAMBUT ANAK: Isna Fitriana Iskan dan Yanto S. Utomo, peserta kategori 10K, memasuki finis.
 ?? ANGGI PRADHITA/KALTIM POST/JPG ?? JADI PESERTA: Bupati Kukar Rita Widyasari (tengah) dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin (dua dari kanan) bersiap sebelum start kategori 5K.
ANGGI PRADHITA/KALTIM POST/JPG JADI PESERTA: Bupati Kukar Rita Widyasari (tengah) dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin (dua dari kanan) bersiap sebelum start kategori 5K.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia