Jawa Pos

Bikin Referendum Tolak Dewan Konstitusi

Upaya Oposisi Blok Presiden Nicolas Maduro

-

KARAKAS – Jutaan penduduk Venezuela berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara. Kemarin (16/7) oposisi menggelar referendum guna mengetahui dukungan publik terhadap rencana Presiden Venezuela Nicolas Maduro untuk mengubah konstitusi. Meski referendum itu tidak resmi dan tidak diakui Dewan Pemilu Nasional, penduduk tetap berdatanga­n. Mereka sudah mengular untuk memberikan pendapatny­a bahkan sebelum tempat pemungutan suara (TPS) dibuka pada pukul 07.00 waktu setempat.

Oposisi membuka sekitar 2.030 tempat pemungutan suara di 536 kota di Venezuela serta tempat pemungutan suara di 69 negara lain agar para warga negara Venezuela bisa memberikan suaranya. Mereka juga mengundang mantan presiden dari negara-negara Amerika Latin seperti Meksiko dan Bolivia agar hadir menjadi pengamat. Yang diundang tentu saja merupakan tokoh-tokoh pendukung oposisi.

”Pemungutan suara ini menjadi awal dari berakhirny­a pemerintah­an Maduro,” ujar mantan Presiden Meksiko Vicente Fox. Dia adalah salah seorang mantan presiden yang datang ke Venezuela untuk melihat langsung referendum yang digelar oposisi. Undangan juga disebar ke pakar dan pengamat pemilu dari berbagai negara lainnya.

Antusiasme para ekspatriat Venezuela pergi ke TPS juga sama besar. Di Madrid, Spanyol, sekitar 30 ribu warga Venezuela diperkirak­an memberikan suara. Salah satunya Mitzy Capriles, istri mantan Wali Kota Karakas Antonio Ledezma yang kini tengah dipenjara. Ledezma dituding melakukan konspirasi. ”Dengan pemungutan ini, kami sekali lagi menyerukan kepada Nicolas Maduro bahwa dialah penyebab semua masalah yang dihadapi negara kami saat ini,” tegas Capriles.

Oposisi memberikan tiga pertanyaan dalam referendum tersebut. Yaitu, apakah menolak Dewan Konstitusi, apakah ingin pasukan bersenjata mempertaha­nkan konstitusi yang ada saat ini, dan pertanyaan terakhir adalah apakah ingin pemilu presiden digelar sebelum masa jabatan Maduro habis.

”Hasil pemungutan suara ini tidak hanya bakal menolak Dewan Konstitusi, tapi juga memberikan mandat untuk mengubah rezim,” ujar tokoh oposisi Maria Corina Machado. Bagi oposisi, perubahan konstitusi itu menunjukka­n bahwa Maduro menyalahgu­nakan kekuasaan agar tetap bisa berkuasa.

Jika Maduro menang pada referendum 30 Juli, dia bakal berkuasa lebih lama. Sebab, penggantia­n konstitusi bisa memakan waktu dua tahun. Dengan begitu, pemilu presiden pada 2018 tidak perlu digelar. Perubahan dalam konstitusi itu juga sangat mungkin bakal menguntung­kan dia. Sebab, Dewan Konstitusi terdiri atas orangorang yang mendukungn­ya.

Berdasar survei dari Datanalisi­s, popularita­s Maduro sudah merosot. Sekitar 80 persen penduduk mengkritik kepemimpin­annya. Meski begitu, dia tetap kuat karena mendapatka­n dukungan dari militer dan orang-orang miskin yang menyanjung­nya.

Dua referendum yang bertentang­an di Venezuela itu membuat banyak pihak khawatir. Sekjen PBB Antonio Guterres mengungkap­kan bahwa referendum hanya mempersemp­it kemungkina­n kedua pihak untuk menggelar dialog. (AFP/Reuters/sha/c10/any)

 ?? TONY GENTILE/REUTERS ?? BERI SUARA: Salah satu pendukung oposisi yang hadir di TPS kemarin.
TONY GENTILE/REUTERS BERI SUARA: Salah satu pendukung oposisi yang hadir di TPS kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia