Jawa Pos

Perburuan Gelar Makin Membara

Insiden Pecah Ban Bikin Vettel Cuma Unggul Satu Poin

-

SILVERSTON­E – Dalam cerita dongeng, sesuatu bisa berubah hanya dalam hitungan detik. Itulah yang dialami bintang Mercedes Lewis Hamilton pada GP Inggris tadi malam. Hanya dalam satu lap, pembalap tuan rumah itu mampu mengepras jarak poin dengan pimpinan klasemen saat ini, Sebastian Vettel (Ferrari), menjadi hanya satu angka.

Drama menyesakka­n menimpa Ferrari saat balapan tinggal menyisakan dua lap. Dua pembalapny­a, Kimi Raikkonen dan Vettel, mengalami pecah ban pada waktu yang nyaris bersa- maan. Raikkonen mengalami kerusakan ban kiri depan di lap 50 dari 51 putaran yang dilombakan. Pada lap berikutnya, giliran Vettel yang mengalami kejadian serupa, juga di ban kiri depan mobilnya.

Padahal, keduanya sedikit lagi mengamanka­n podium 2-3 di belakang Hamilton yang menjadi juara. Raikkonen bisa finis ketiga. Namun, Vettel finis di posisi ketujuh. ’’Tak ada tanda-tanda (pe- cah ban) itu akan terjadi,’’ keluh Vettel yang mengaku sempat merasakan getaran di mobilnya beberapa lap sebelum bannya pecah. Raikkonen sama sekali tidak senang dengan hasil tersebut. Di atas podium, dia bahkan tak merayakann­ya dengan pesta sampanye seperti biasanya.

Hasil tersebut berujung perubahan drastis dalam persaingan klasemen pembalap. Vettel yang sebelumnya unggul 20 poin tibatiba kehilangan 19 poin dan kini cuma unggul 1 poin. Vettel masih berada di atas dengan 177 poin. Hamilton berada di posisi kedua dengan 176 poin. Hamilton yang sebelumnya nyaris keluar dari jalur juara dunia musim ini tiba-tiba mendapat berkah besar untuk membuat persaingan makin membara. (cak/c19/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia