Jawa Pos

Imigrasi Waru Pindah Juanda

-

SIDOARJO – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya di Waru, Sidoarjo, mulai pindah hari ini. Semua layanan paspor berpusat di kantor baru yang berlokasi di Jalan Juanda. Gedung baru tersebut merupakan bekas kantor Balai Harta Peninggala­n (BHP) Surabaya.

Perpindaha­n kantor berlangsun­g hingga tadi malam. Meski belum sepenuhnya tuntas, Kabid Pengawasan dan Penindakan Keimigrasi­an (Wasdakim) Sandi Andaryadi memastikan bahwa layanan bisa dimulai hari ini. ’’Sejak awal, yang kami utamakan ruang layanan agar bisa segera dipakai,’’ katanya.

Penataan kursi di ruang layanan memang sudah selesai. Sebanyak 60 sofa biru sudah tertata. Begitu juga meja layanan, semua telah dilengkapi perangkat komputer. Ada enam meja layanan di ruangan tersebut.

Apabila dibandingk­an dengan kantor sebelumnya, ruang layanan di kantor baru lebih sempit. Luasnya sekitar 10 x 8 meter. Jarak antarkursi cukup mepet. Selain itu, hampir semua sudut terpakai. Di kantor sebelumnya, ruangan lebih longgar. Luasnya sekitar 25 x 10 meter. Pemohon lebih bebas berlalu-lalang.

Sandi mengakui, ruang tunggu layanan tidak seluas kantor sebelumnya. Namun, dia memastikan bahwa jumlah kursi yang ditempatka­n di ruangan itu sama. Yakni, 100 sofa. Kondisi tersebut diyakini tidak akan menimbulka­n masalah. Dasarnya, selama di Waru, kursi tidak pernah penuh. ’’Artinya, dengan luas yang sekarang, ruangan tetap mampu menampung pemohon,’’ ucapnya.

Permasalah­an yang selama ini dikeluhkan pemohon adalah lokasi parkir. Di kantor Waru, pemohon yang membawa mobil selalu mengalami kesulitan. Kendaraan mereka terpaksa diparkir di gedung kosong yang berlokasi 50 meter dari kantor. Setelah memarkir mobil, pemohon harus berjalan jauh. ’’Itu masalah yang menjadi bahasan setiap evaluasi,’’ kata dia. (riq/c7/ano)

 ?? TORIQ KARIM/JAWA POS ?? BARU: Ruangan pelayanan imigrasi yang telah disiapkan.
TORIQ KARIM/JAWA POS BARU: Ruangan pelayanan imigrasi yang telah disiapkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia