Jawa Pos

Ciptakan Mesin Pemurnian Garam

-

SURABAYA – Lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptaka­n alat atau mesin yang bisa digunakan oleh petani garam. Alat itu dapat memurnikan garam krosok menjadi garam industri.

Garam industri adalah garam yang digunakan untuk tekstil, farmasi, kertas, dan kaca. Alat yang diciptakan Nur Imam Ahmadi dan temannya tersebut mampu memurnikan garam secara otomatis.

Nur mengatakan, tingkat kemurnian garam lokal masih rendah sehingga belum mampu dijadikan sebagai garam industri. Mahasiswa semester VII itu menjelaska­n, garam di Indonesia memiliki tingkat kemurnian 90 persen. Padahal, garam industri harus memiliki tingkat kemurnian minimal 97 persen. Selain itu, garam krosok masih mengandung banyak zat pengotor. ’’Alat ini menghasilk­an garam dengan persentase zat pengotor hanya 0,06 persen,” ujar Nur saat ditemui di kampusnya, Senin (10/7).

Hingga saat ini, Indonesia masih mengimpor garam industri. Fakta tersebut didapat Nur dari hasil diskusi dengan PT Garam pada Juni lalu. Negara yang menyuplai adalah Australia dan India.

Untuk menciptaka­n alat tersebut, Nur dibantu Syamsul Rizal, Annisa Widowati, Alam Firmansyah, dan Rachmat Sandryan. Mereka berlima berasal dari jurusan berbeda. Nur, Syamsul, Annisa, dan Alam adalah mahasiswa teknik kimia, sedangkan Rachmat berasal dari jurusan teknik instrument­asi. Mereka mengembang­kan alat tersebut sejak September 2016. Pembuatan alat berlangsun­g selama tiga bulan. Selama itu Alam menemui banyak kendala. ’’Motor untuk mesin tidak pas sehingga kami harus mencari solusinya. Terus, jadwal kami juga tabrakan satu sama lain,” jelas Alam.

Pemurnian garam berlangsun­g selama dua sampai tiga jam dengan kapasitas mesin 3 kilogram. (lif/c7/jan)

 ?? ALIFIA NUURMA ADDINI FOR JAWA POS ?? TEMUAN: Nur Imam Ahmadi menjelaska­n tentang pemurnian garam krosok menjadi garam industri dengan alat ciptaan timnya.
ALIFIA NUURMA ADDINI FOR JAWA POS TEMUAN: Nur Imam Ahmadi menjelaska­n tentang pemurnian garam krosok menjadi garam industri dengan alat ciptaan timnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia