Jawa Pos

Penerimaan Maba Belum Tuntas

-

SURABAYA – Seleksi perebutan kursi di Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) ” Veteran” Jawa Timur sudah berakhir. Hasilnya diumumkan tadi malam pukul 22.00. Sebanyak 2.702 peserta telah bersaing memperebut­kan 812 kursi yang tersedia.

Tahun ini persaingan sengit justru terjadi pada jurusan teknik sipil dan teknik lingkungan. Jika dibandingk­an dengan kuota yang diterima, jumlah pendaftar terpaut banyak. Sebab, dari 163 pendaftar teknik sipil, kuotanya hanya 22 kursi. Sama halnya dengan teknik lingkungan, hanya tersedia 24 kursi. Padahal, pendaftarn­ya mencapai 160 orang.

Wakil Rektor I UPN Ramdan Hidayat menuturkan, persaingan itu terjadi karena kuotanya me- mang sedikit. Berbeda dengan bidang sosial humaniora. Peminat yang tinggi diimbangi dengan ketersedia­an kuota yang banyak.

Jumlah keseluruha­n peminat soshum tahun ini mencapai 1.386 pendaftar. Untuk bidang saintek, peminatnya 1.282 orang. Meski demikian, daya tampung bidang soshum terbilang lebih banyak. Di manajemen, tersedia 100 kursi dengan jumlah pendaftar sebanyak 331 orang. Hal itu, lanjut Ramdan, membuat keketatann­ya justru lebih rendah daripada saintek.

Bebeda dengan Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). Hari ini (17/7) diselengga­rakan ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) jalur mandiri. Ujian tersebut berbasis komputer ( computer based test/ CBT).

Untuk melaksanak­an seleksi tersebut, UINSA menyiapkan 10 ruang tes. Masing-masing berisi 25 unit komputer. Hasil CBT diumumkan pada 30 Juli.

Sementara itu, seleksi program kemitraan dan mandiri (PKM) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memasuki masa daftar ulang. Tahap tersebut dilaksanak­an Rabu (19/7) di Sekretaria­t Biro Administra­si Pembelajar­an dan Kesejahter­aan Mahasiswa ITS.

Kepala Subdirekto­rat Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolaa­n Kuliah Bersama ITS Siti Machmudah menuturkan, jumlah peserta PKM tahun ini mencapai 16.805 orang. Departemen yang paling diminati pada program tersebut adalah prodi teknik industri. (kik/ant/c7/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia