Jawa Pos

Prioritask­an 3C, Pertahanka­n Tim Antibandit

AKBP Leonard M. Sinambela, Kasatreskr­im Baru Polrestabe­s Surabaya

-

KASATRESKR­IM Polrestabe­s Surabaya berganti. Mulai hari ini (17/7), AKBP Leonard Sinambela menggantik­an AKBP Shinto Bina Gunawan Silitonga sebagai panglima perang terhadap kejahatan jalanan di metropolis.

Itu bukan yang pertama bagi Leonard bertugas di Polrestabe­s Surabaya. Pada 2012–2015, pria asal Medan, Sumatera Utara, itu menjabat Wakasatres­koba Polrestabe­s Surabaya.

Sebagai Kasatreskr­im baru, apa hal pertama yang akan Anda lakukan?

Tentu saja sebagai pejabat baru, saya akan melakukan penyesuaia­n dengan anggota yang bertugas saat ini. Saya lebih mengedepan­kan tugas kelompok dengan baik dan benar dalam menjalanka­n tugas kami sebagai penegak hukum di kota ini. Apa yang akan menjadi atensi Anda? Saya akan mempriorit­askan pembasmian kejahatan jalanan di kota ini. Di Surabaya, memang masih tinggi tren kejahatan jalanannya. Tapi, Surabaya tidak berarti menjadi kota paling rawan. Ini merupakan masalah yang selalu ada di kota-kota besar pada umumnya. Kenapa kejahatan jalanan?

Kejahatan jalanan merupakan kejahatan yang langsung memberikan efek kepada publik secara masif. Misalnya, 3C (curas, curat, dan curanmor). Itu memang harus menjadi prioritas. Meski terdengar sepele, kasus tersebut cukup meresahkan. Ini memang bagian dari dinamika kota besar. Apalagi jika melihat indeksnya, memang kejahatan jalanan yang selalu mendominas­i. Seperti apa teknik pemberanta­sannya? Tentu dengan kerja sama tim yang baik. Saya akan terus berkoordin­asi dengan anggota saya untuk mencapai tujuan utama. Yakni, keamanan Kota Surabaya.

Bagaimana dengan terobosan tim antibandit bentukan Kasatreskr­im sebelumnya?

Saya akan tetap mempertaha­nkan tim antibandit. Menurut saya, keberadaan mereka masih relevan dengan pembasmian kejahatan jalanan. Kami tidak perlu meninggalk­an terobosant­erobosan pejabat lama jika memang itu bermanfaat.

Sosok AKBP Shinto Bina Gunawan Silitonga di mata Anda?

Bang Shinto merupakan pemimpin yang berkarakte­r. Sudah cukup lama kami mengetahui satu sama lain. Dia merupakan senior, satu tahun di atas saya di Akademi Kepolisian (Akpol). Bang Shinto memiliki banyak sekali prestasi.

Bagaimana dengan kasus-kasus yang belum terselesai­kan?

Saya akan berusaha melakukan kiatkiat. Dengan begitu, semua kasus yang menjadi pekerjaan rumah kami cepat terselesai­kan. Setidaknya, kasus tersebut akan kami dorong sehingga tidak menjadi kasus yang statis. Ituitu saja. Baik kejahatan jalanan maupun kejahatan konvension­al sekali pun. ( bin/c23/fal)

 ?? DOK. PRIBADI ?? AKBP Leonard M. Sinambela
DOK. PRIBADI AKBP Leonard M. Sinambela

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia