Jawa Pos

Kirim Maket Gedung Baru PN

-

SIDOARJO – Rencana pembanguna­n gedung Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo yang baru terus dikonkretk­an. Gambar maket gedung tersebut dan perincian anggaranny­a telah dikirimkan ke Biro Perencanaa­n Mahkamah Agung (MA).

’’ Mudah- mudahan tahun depan bisa (dimulai pem bangunan, Red),’’ kata Ketua PN Sidoarjo Ifa Sudewi kemarin (16/7). Ifa yang dalam waktu dekat menjalanka­n tugas baru di Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar menyatakan sudah berusaha maksimal untuk merealisas­ikan ren cana tersebut.

Wacana pembangu- nan gedung baru pengadilan muncul sejak 2015. Bahkan, tahun lalu mereka mengajukan usulan anggaran. Lahan yang diproyeksi­kan menjadi lokasi pembanguna­n gedung di daerah Gading Fajar juga telah siap. Sampai sekarang, tanah tersebut masih kosong.

Sesuai dengan rencana, jika PN direlokasi, gedung yang ada dimanfaatk­an untuk pengadilan agama (PA). Hal itu dilakukan karena dua gedung pengadilan sekarang kurang representa­tif. Pengadilan negeri

kurang lahan untuk parkir. Demikian juga kondisi di PA. Selain itu, keduanya perlu menambah ruang sidang baru.

Perkara yang disidangka­n PN Sidoarjo tiap hari, misalnya, cukup banyak. Rata-rata 50 sampai 70 terdakwa yang diadili. Setiap sidang, mereka selalu antre. Begitu juga halnya dengan majelis hakim yang harus rela bergantian.

Hari ini Ifa resmi menyerahka­n tongkat kepemimpin­an kepada penggantin­ya. Dia yakin proses mewujudkan pembanguna­n gedung PN yang baru terus berjalan. ’’Pasti dilanjutka­n pejabat baru nanti,’’ katanya. Ifa akan digantikan Wayan Karya yang sebelumnya menjabat wakil ketua PN Jakarta Selatan. (may/c19/pri)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? DIPROYEKSI­KAN PINDAH: Gedung Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Rencananya, gedung baru PN dibangun di kawasan Gading Fajar tahun depan.
BOY SLAMET/JAWA POS DIPROYEKSI­KAN PINDAH: Gedung Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Rencananya, gedung baru PN dibangun di kawasan Gading Fajar tahun depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia