Jawa Pos

Data Pengunjung RHU secara Berkala

-

SIDOARJO – Pendataan dan pemeriksaa­n berkala dianggap efektif untuk menjerat warga yang ditengarai mengonsums­i narkoba. Tindakan tersebut akan berlangsun­g tiga bulan sekali. Kegiatan itu butuh komitmen serta kerja sama dari berbagai sektor. ’’Kami akan mengundang instansi terkait untuk membahas hal tersebut,’’ ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Sidoarjo Widiyantor­o Basuki.

Ada beberapa skema yang bisa direalisas­ikan. Salah satunya, petugas satpol PP mendata dan memeriksa pengunjung di sejumlah kedai minum dan RHU karaoke. Sebab, mayoritas pengguna dan pengedar merupakan pendatang dari luar kota yang memanfaatk­an tempat kos dan RHU karaoke untuk beraksi. ’’Dengan begitu, diketahui mana yang baru,’’ paparnya.

Kepala BNNK Sidoarjo AKBP Supriyanto menambahka­n, pihaknya mendukung tindakan apa pun untuk memerangi narkoba. Saat ini pihaknya hanya fokus pada pencegahan. ’’Untuk sementara kami akan melakukan tindakan preventif dan sosialisas­i bagi pelajar,’’ katanya.

Sebab, BNNK kekurangan sumber daya manusia. Karena itu, pihaknya tidak memungkink­an untuk menangkap atau mengungkap kasus. Pihak terkait fokus pada program-program preventif terhadap penggunaan narkoba di sekolah dan tempat umum.

BNNK juga akan melakukan serangkaia­n operasi gabungan bersama petugas lainnya di sejumlah rumah singgah sementara. Menurut Supriyanto, tempat -tempat tersebut merupakan lokasi favorit pengguna narkoba. ’’Operasi akan kami lanjutkan secara bertahap. Tiap tiga bulan sekali akan kami gelar gabungan,’’ jelasnya. (jos/c15/ai)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? OPERASI: Petugas Satpol PP Sidoarjo, BNNK, dan Polresta Sidoarjo merazia tempat karaoke di kawasan TPI pada Selasa malam (11/7).
BOY SLAMET/JAWA POS OPERASI: Petugas Satpol PP Sidoarjo, BNNK, dan Polresta Sidoarjo merazia tempat karaoke di kawasan TPI pada Selasa malam (11/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia