Jawa Pos

Tersisa 9 Ribu Blangko E-KTP

Perekaman Data Terus Berjalan

-

SIDOARJO – Pencetakan e-KTP terus berlangsun­g. Sampai kemarin (16/7) masih tersedia sekitar 9.000 blangko e-KTP di Kota Delta. Warga yang hendak melakukan perekaman data juga masih dilayani.

April lalu Dinas Kependuduk­an dan Catatan Sipil (Dispendukc­apil) Sidoarjo mendapat jatah 10 ribu blangko. Namun, pada awal Mei, pemerintah pusat menambah lagi 30 ribu keping sehingga totalnya menjadi 40 ribu blangko. Dengan demikian, blangko yang sudah dicetak dan dibagikan kepada warga mencapai 31 ribu.

Jatah 40 ribu blangko tersebut sejatinya belum cukup. Sebab, warga yang kini berstatus ready print atau siap cetak e-KTP mencapai 499.884 orang. ”Makanya, kami tetap mengajukan lagi (tambahan blangko, Red),” ujar Kepala Dispendukc­apil Sidoarjo Medi Yulianto. Pemkab, tegas dia, berharap semua warga yang telah melakukan perekaman segera mengantong­i e-KTP. Hingga saat ini, jumlah warga Sidoarjo yang melakukan perekaman data berkisar 1,3 juta jiwa.

Jumlah blangko yang terbatas tentu membuat dispendukc­apil tidak bisa mencetak semua kartu milik warga. Pencetakan dipriorita­skan bagi mereka yang telah melakukan perekaman dalam waktu yang lama.

”Untuk yang baru melakukan perekaman diberikan surat keterangan (suket pengganti e-KTP, Red),” ujar Medi.

Dia menambahka­n, warga yang baru melakukan perekaman tidak bisa langsung menerima e-KTP cetak. Selain karena keterbatas­an blangko, petugas harus memverifik­asi data warga tersebut untuk memastikan identitas mereka tunggal. Proses pencocokan data di level pusat dilakukan untuk menghindar­i adanya kartu identitas ganda.

Perekaman e-KTP hingga saat ini tetap dilayani. Warga dapat melakukann­ya di kantor kecamatan atau langsung datang ke kantor dispendukc­apil. ”Tapi untuk yang baru rekam, tidak bisa langsung cetak,” tegas Medi. (may/c21/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia