Jawa Pos

Diprediksi Tuntas Akhir Agustus

-

SIDOARJO – Nasib proyek prioritas pemkab tahun ini terancam molor. Sebab, pembahasan perubahan anggaran keuangan (PAK) belum juga dimulai. Dengan sisa waktu yang hanya lima bulan, bakal sulit merealisas­ikan seluruh kegiatan yang sudah direncanak­an.

Dari data yang dihimpun, sejumlah pekerjaan fisik sudah direncanak­an pemkab tahun ini. Misalnya, normalisas­i sungai. Ada tiga tempat, yakni di Kali Buntung, Sidokare, dan Jabon. Di bidang bina marga, pemkab berencana melakukan peningkata­n jalan serta membangun jalan cor. Proyek besar itu terancam mandek jika PAK tidak segera tuntas.

Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan menjelaska­n, saat ini badan anggaran (banggar) dan tim anggaran (timgar) menuntaska­n sejumlah pekerjaan. Ada tiga agenda yang harus diselesaik­an. Yakni, evaluasi pertanggun­gjawaban APBD 2016, pembahasan proyeksi APBD 2018, serta PAK 2017. ” Tiga agenda itu harus segera diselesaik­an,” ujarnya.

Saat ini evaluasi APBD 2016 sedang dibahas. Minggu depan hasil rapat itu dipaparkan. Dalam paripurna, dewan akan mengambil keputusan terkait penggunaan anggaran tahun lalu. Setelah itu, disusul dengan nota masuk Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran (KUAPPAS) 2017.

Politikus PKB itu menuturkan, PAK 2017 akan dibahas selepas KUAPPAS. Dia memprediks­i paling cepat PAK akan rampung akhir Agustus. ”Bergantung banyak hal. Misalnya, kebijakan politik yang berkembang di masing-masing fraksi dan program yang dijalankan pemkab,” ucapnya. (aph/c21/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia