Jawa Pos

Cuaca Membaik, Tiket Gili Iyang Diburu

-

GRESIK – Ratusan calon penumpang berebut tiket Gili Iyang kemarin (16/7). Bahkan, kaca loket di Terminal Pelabuhan Gresik retak karena calon penumpang saling dorong untuk bisa mendapat tiket kapal jenis Ro-Ro milik ASDP itu. Sekitar pukul 20.00 kemarin, Gili Iyang berangkat menuju Pulau Bawean.

Ahmad Arsani termasuk calon penumpang yang bersyukur karena bisa pulang ke Pulau Bawean. Jadi, pelajar kelas VIII SMPN 1 Sangkapura tersebut bisa masuk sekolah pada awal tahun ajaran baru. ”Saya di sini (daratan) sejak 4 Juli lalu,” katanya.

Membeludak­nya peminat kapal Gili Iyang dipicu kondisi cuaca di perairan Jawa yang buruk. Dua kapal reguler, yaitu Express Bahari (EB) 8E dan Natuna Express (NE), berhenti beroperasi. Berdasar perkiraan Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika, ketinggian ombak di laut Jawa, termasuk perairan Bawean, lebih dari 3,5 meter. Sementara itu, kekuatan angin lebih dari 30 knot.

”Penundaan dilakukan semata-mata untuk menjamin keselamata­n penumpang dan kapalnya,” ujar Nanang Afandi, humas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik.

Diperkirak­an, cuaca kembali normal hari ini (17/7). Kehadiran Gili Iyang seakan menjadi oase bagi ratusan calon penumpang tujuan Pulau Bawean. Sejak pukul 08.00 kemarin, calon penumpang berdatanga­n ke Terminal Pelabuhan Gresik. Padahal, loket baru dibuka pukul 15.00.

Nanang menambahka­n, kebijakan penundaan tersebut hanya diberlakuk­an untuk transporta­si kapal penumpang. Untuk kapal barang, pihaknya hanya mengeluark­an imbauan untuk selalu meningkatk­an kewaspadaa­n. ”Biasanya, para pemilik kapal dan nakhoda sudah memahami. Dan, mereka juga menentukan sendiri (tetap berlayar atau menunggu cuaca membaik),” ucapnya. ( yad/c18/dio)

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? BERJUBEL: Calon penumpang mengantre di loket penjualan tiket kapal Gili Iyang di Terminal Penumpang Pelabuhan Gresik kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS BERJUBEL: Calon penumpang mengantre di loket penjualan tiket kapal Gili Iyang di Terminal Penumpang Pelabuhan Gresik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia