Jawa Pos

Harus Kuasai Teknik dan Artistik

-

SURABAYA – Gerak tangan yang gemulai, lompatan kaki yang indah dan lincah, serta musik yang memanjakan telinga. Atmosfer itu memenuhi atrium Pakuwon Mall pada kompetisi balet dan modern dance kemarin (17/7).

Kompetisi itu diadakan Marlupi Dance Academy. Terdapat 550 peserta yang ambil bagian dalam perlombaan tersebut. Mereka dibagi menjadi dua kategori. Yakni, modern dance dan balet. ”Ini untuk mengasah kepercayaa­n diri anak. Jadi, mereka tidak hanya akan menguasai teknik, tapi juga panggung,” ujar penggiat balet sekaligus pendiri Marlupi Dance Academy Marlupi Sijangga.

Para murid Marlupi yang mengikuti kompetisi itu sudah dilatih koreografi oleh tim guru di masing-masing level. Hasilnya, di atas panggung mereka tinggal mementaska­n apa yang sudah diajarkan guru.

Pada kompetisi tersebut, balerina harus menguasai teknik dan artistik. Sebab, dua poin itu masuk kriteria penilaian. Para pengajar dari Marlupi Dance Academy Surabaya dan Jakarta bertindak sebagai juri. Mereka adalah Claresta Alim ( Jakarta), Jonatha Pranajaya ( Jakarta), dan Priscilla Moningka (Surabaya).

Setiap anak tampil dalam durasi satu hingga satu setengah menit. Para balerina memperebut­kan juara pertama hingga ketiga pada masingmasi­ng level. Dipilih pula Best Talented Dancer untuk balet dan 10 besar terbaik untuk modern dance.

Sebelumnya, Marlupi Dance Academy kerap mengadakan kompetisi lebih kecil yang diikuti 100 hingga 200 murid. ”Kompetisi dengan jumlah yang tak kalah banyak juga digelar di Gedung Kesenian Jakarta, Mei 2016,” ucap Director of Performing Art Marlupi Dance Academy Claresta Alim.

Sekolah tari yang sudah berjalan tiga generasi tersebut telah melahirkan sosok-sosok berprestas­i di bidang balet. Dua di antaranya balerina berprestas­i yang turut tampil di panggung. Mereka adalah Brittney Ashley Sijangga, 15; dan Rebecca Alexandria Hadibroto, 11. Ashley merupakan juara I dalam kompetisi balet secara grup di Hongkong pada 2014. Sementara itu, prestasi Rebecca tak kalah membanggak­an dengan mengantong­i juara II pada Dance Prix Indonesia 2014 dan 2015. (esa/c6/jan)

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? MAHIR: Dari kiri, Brittney Ashley Sijangga dan Rebecca Alexandria Hadibroto di Pakuwon Mall kemarin. Mereka tampil di kompetisi balet dan modern dance.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS MAHIR: Dari kiri, Brittney Ashley Sijangga dan Rebecca Alexandria Hadibroto di Pakuwon Mall kemarin. Mereka tampil di kompetisi balet dan modern dance.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia