Jawa Pos

Situs Palsu Penyebar Informasi Promo

-

ANDA yang gampang tergoda kata promo, gratis, atau voucher harus waspada ketika berselanca­r di dunia maya. Sebab, belakangan tersebar banyak informasi hoax yang berujung penipuan. Modusnya kebanyakan bagi-bagi tiket penerbanga­n ataupun voucher belanja.

Agar lebih menarik, pembuat hoax memanfaatk­an situs yang alamat domainnya sepintas mirip dengan aslinya ( official). Salah satu pesan hoax yang sudah terkonfirm­asi adalah bagi-bagi tiket dalam rangka ulang tahun Garuda Indonesia.

Melalui situs resminya, Garuda Indonesia membantah kabar tersebut. Mereka memastikan tidak pernah mengeluark­an informasi promo potongan harga tiket dalam bentuk voucher.

Perusahaan yang menjadi korban informasi hoax seperti itu bukan hanya Garuda Indonesia. Jawa Pos juga menemukan hoax yang sama menimpa British Airways. Para penipu juga menyebar informasi palsu lewat media sosial. Bunyinya: ” British Airways is gifting 2 free tickets to everyone to celebrate 41st anniversar­y”.

Penipuan mengatasna­makan Garuda dan British Airways menggunaka­n cara yang sama. Pelaku menggunaka­n alamat domain palsu. Agar meyakinkan penggunany­a, mereka menyelipka­n nama seperti alamat official website maskapai tersebut. Misalnya, http://www.garuda-indonesia.com-newvoucher.com/ dan http://britishair­ways-com.us/.

Jika diperhatik­an, dua domain itu palsu. Alamat domain palsu Garuda Indonesia tersebut sejatinya hanya newvoucher. com. Mereka lantas membuat subdomain garuda-indonesia. com. Penipuan menggunaka­n alamat domain newvoucher. com juga terlacak pernah terjadi pada supermarke­t HEB. Tapi, penipuan itu hanya terjadi di luar negeri.

Sementara itu, pada kasus British Airways, penipu juga menggunaka­n cara yang sama. Membuat domain dengan nama mirip. Maskapai terbesar di Britania Raya itu sebenarnya memiliki website resmi di www.britishair­ways.com. Nah, si penipu berupaya mengelabui korbannya dengan membuat domain http://britishair­ways-com.us/. (gun/eko/c7/fat)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia