Jawa Pos

Rute Menantang, Bertualang ke 9 Tempat Wisata

Demi men- program Visit Ngawi 2017, Pemerintah Kabupaten Ngawi terus berinovasi dalam memberikan kegiatan spektakule­r. Salah satunya, Off-road Ngawi Spektakule­r Country Road to Destinatio­n Wisata Ngawi.

-

support

OFF- road Ngawi Spektakule­r Country Road to Destinatio­n Wisata Ngawi merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperinga­ti Hari Jadi ke-659 Kabupaten Ngawi. Event yang berlangsun­g pada 15-16 Juli itu dibuka secara langsung oleh Bupati Ngawi Budi Sulistiyon­o.

Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperinga­ti Hari Jadi ke-659 Kabupaten Ngawi itu dibuka oleh Bupati Ngawi Budi Sulistiyon­o. Dalam pembukaan tersebut, Kanang (sapaan akrab Budi Sulistiyon­o), menuturkan kegiatan adventure kali ini untuk memanjakan para pencinta off-road. ”Kami ingin para off-roader bisa menikmati rute-rute luar biasa yang ada di Ngawi. Sekaligus, kami ingin memperkena­lkan seluruh destinasi wisata yang ada di Kabupaten Ngawi,” kata Kanang.

Respons positif masyarakat terhadap berbagai program Pemerintah Kabupaten tercermin pada event off-road tersebut. Meski baru kali pertama, event tersebut dihadiri oleh 500 peserta, baik dari dalam Kabupaten Ngawi hingga dari luar pulau. ”Antusiasme masyarakat cukup luar biasa. Bahkan, peserta terjauh berasal dari Banjarmasi­n,” ujar Kepala Disparpora Ngawi Yulianto Kusprasety­o.

Pada ajang tersebut, para peserta akan diajak bertualang ke sembilan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Ngawi. Adventure dimulai dari Alun-alun Merdeka, dilanjutka­n ke Alas Ketonggo Srigati, Air Terjun Srambang, hingga Air Terjun Pengantin. Setelah itu, peserta diajak bermalam alam ke Kebun Teh Jamus. ”Saat bermalam m di sana, kami menggelar beberapa kegiatanat­an sebagai ajang silaturahm­i bersama para off-roader Indonesia,” terang Yulianto.o.

Pagi harinya, peserta kembali harus melanelanj­utkan petualanga­nnya melalui beberapa rapa destinasi lain. Yaitu, Omah Watu, Kebun ebun Karet, Situs Rumah Pahlawan Nasionalal Dr Rajiman, Monumen Gubernur Soerjo, jo, Museum Trinil, Benteng Pendem Van n den Bosch, dan finish di Alun-alun Merdeka Ngawi.

Kanang pun tak mau kalah dari paraa off-roader muda. Pria yang kerap disapa Mbah Kung itu juga turut berpartisi­pasi dalam adventure tersebut. Dia terlihat sangat aktif dan menikmati petualanga­nnya tersebut. Rencananya, event yang diadakan oleh Disparpora Kabupaten Ngawi tersebut bakal rutin dihelat setiap tahun. Tujuannya, untuk lebih memperkena­lkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Ngawi. ”Tahun ini kami akan menggelar beberapa event yang berkaitan dengan off-road. Yakni, Kejurnas IMI, adventure jeep, motocross, adventure trill, dan speed jeep off-road. Rencananya, event tersebut akan kami gelar setiap tahun,” ujar Yulianto.

Melalui tersebut, berbagai potensi lokal dan nilai historis yang menjadi kekayaan Kabupaten Ngawi diperkenal­kan. Diharapkan, eksistensi­nya dapat terus berkembang dan menunjukka­n tren positif. ”Harapannya, para

ini ingin kembali ke Kabupaten Ngawi untuk menikmati keindahan alam Ngawi,” tutup Kanang. (zul/xav)

 ?? YUYUNG ABDI/JAWA POS ?? off-roader event Budi ’Kanang’ Sulistiyon­o, Bupati Ngawi
YUYUNG ABDI/JAWA POS off-roader event Budi ’Kanang’ Sulistiyon­o, Bupati Ngawi
 ??  ?? POTENSI LOKAL: Peserta off-road diajak untuk bermalam di Kebun Teh Jamus. Diharapkan, para peserta dapat menikmati keindahan alam Ngawi dan kembali lagi mengunjung­i Ngawi.
POTENSI LOKAL: Peserta off-road diajak untuk bermalam di Kebun Teh Jamus. Diharapkan, para peserta dapat menikmati keindahan alam Ngawi dan kembali lagi mengunjung­i Ngawi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia