Jawa Pos

CUKUP DIJAHIT TANPA PEMOTONGAN

Wasir atau hemoroid merupakan pembengkak­an pembuluh darah di dalam rectum atau anus yang dapat sangat mengganggu.Tapi, hal itu sekarang tidak perlu dikhawatir­kan lagi karena saat ini telah ada metode penyembuha­n wasir terbaru yaitu dengan teknik hemorrhoi

-

SPESIALIS bedah Siloam Hospitals Lippo Village dr Anthony Berlim Lioe SpB menyatakan, wasir atau hemoroid merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan adanya pelebaran pembuluh darah balik di daerah anus.”Ada pembuluh darah di sekitar anus yang membengkak yang disebabkan oleh karena aliran darah balik yang tidak lancar. Akibatnya, pembuluh darah melebar,” ujarnya.

Hemoroid umumnya disebabkan oleh kebiasaan ngeden karena buang air besar (BAB) keras, atau karena duduk terlalu lama. Hal itu lama-kelamaan membuat aliran darah di daerah anus tidak lancar. Wasir merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat.”Kebanyakan wasir atau hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulka­n gejala yang serius,” sebutnya.

Biasanya, gejala yang muncul adalah pendarahan saat BAB yang berwarna merah terang, terdapat lender setelah BAB, terjadi pembengkak­an atau muncul benjolan kecil di liang anus, nyeri, gatal-gatal, hingga kemerahan di sekitar anus.”Jika gejala yang muncul tidak segera membaik, sebaiknya konsultasi­kan ke dokter. Apalagi kalau terjadi pendarahan dan timbulnya rasa perih yang hebat,” lanjutnya.

Walaupun kadang-kadang gejala dapat hilang dengan sendirinya, gejala wasir atau hemoroid bisa sangat mengganggu aktivitas penderita. Untuk itu, wasir tetap harus mendapatka­n penanganan yang tepat, baik dengan obat-obatan yang banyak dijual di apotek ataupun dengan suatu tindakan operasi.”Kalau gejalanya dibiarkan terjadi terus-menerus, bisa berdampak bahaya bagi kesehatan,” sebutnya.

Pada umumnya penanganan wasir dilakukan dengan tindakan operasi secara konvension­al, pasien harus menjalani operasi untuk membuang jaringan pembuluh darah yang melebar.Teknik itu banyak dihindari karena menimbulka­n rasa sakit yang cukup hebat pasca operasi.”Efek operasinya bisa terasa hingga satu bulan sesudahnya. Pasien perlu rawat inap untuk pemulihan,” ucapnya.

Karena itu, saat ini pasien wasir bisa ditangani dengan teknik terbaru, yakni hemorrhoid artery ligation-recto anal repair (HAL RAR) yang tersedia di Siloam Hospitals. Metode HAL RAR mampu mengatasi wasir dengan teknik minimal invasif, tanpa pisau bedah.”Metode HAL RAR bisa digunakan mulai dari derajat keparahan 1 hingga 4,” kata dr Berlim.

Dengan menggunaka­n doppler, jaringan pembuluh darah yang membesar bisa terdeteksi. Setelah itu, akan dilakukan penjahitan tanpa pemotongan. Hal tersebut dilakukan agar aliran darah ke anus berkurang dan hemoroid kempis dengan sendirinya. ”Karena tanpa pemotongan, nyeri jadi minimal, risiko komplikasi sangat rendah, dan tidak terjadi kerusakan jaringan,” jelasnya.( tih/c6/wir)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia