Jawa Pos

KLUB ROYAL CARI MUKA

-

GUANGZHOU – AC Milan memang sensasiona­l pada bursa transfer musim panas tahun ini. Klub yang dalam beberapa musim terakhir di- bully terkena ’’kanker (kantong kering)’’ maupun diejek sebagai ’’koperasi simpan pinjam (kerap meminjam pemain)’’ itu telah menjelma sebagai klub royal.

Hingga kemarin ( 17/ 7), Milan telah menggelont­orkan bujet sampai EUR 189,5 juta (Rp 2,89 triliun) untuk mendatangk­an sepuluh pemain. Pengeluara­n sebesar itu menahbiska­n Rossoneri untuk sementara sebagai klub terboros di bursa transfer.

Kini, tinggal menanti sentuhan allenatore Vincenzo Montella dalam meramu skuad mahalnya tersebut. Kemenangan 4-0 atas Lugano di Swiss pekan lalu (12/7) boleh diabaikan. Sebab, masih banyak pemain baru Milan yang belum diaudisi dalam pertanding­an pertama pramusim tersebut.

Ujian serius baru dihadapi Milan saat mengawali Internatio­nal Champions Cup (ICC) 2017 zona Tiongkok malam nanti. Yakni, menghadapi Borussia Dortmund di Guangzhou Higher Education Mega Center Central Stadium ( siaran langsung beIN Sports 1 pukul 18.20 WIB).

’’Kami akan berusaha menunjukka­n permainan yang bagus,’’ koar gelandang serang anyar Milan Hakan Calhanoglu sebagaiman­a dikutip Il Milanista.

Kecuali Leonardo Bonucci dan Lucas Biglia yang tak masuk skuad ke Guangzhou seiring baru bergabung, Calhanoglu berpeluang dimainkan lagi setelah lawan Lugano. Referensi pemain 23 tahun itu tentang Dortmund tentu paling bagus di antara pemain Milan lainnya karena menghabisk­an empat musim terakhir di Bundesliga. Masing-masing bersama Hamburger SV dan Bayer Leverkusen.

’’(Dortmund adalah) tim hebat dengan pemain penting di dalamnya. Saya mengenal tim ini karena ada beberapa pemain Turki di sana (Nuri Sahin, Emre Mor, dan mantan rekannya di Le- verkusen, Omar Toprak, Red),” jelas pemain dengan 26 dan 8 gol bersama timnas Turki tersebut.

Di sisi lain, dalam konferensi pers tadi malam, Montella menyebut ada dua pemain anyar Milan yang baru bergabung ke Tiongkok beberapa jam sebelum laga digelar. Mereka adalah Andre Silva dan Andrea Conti. ’’Tapi, saya memiliki 26 pemain dan saya bisa mencoba berbagai opsi (formasi),” ucap pelatih dengan persentase kemenangan 46,34 bersama Milan tersebut kepada

Ketika menghadapi Lugano, Montella masih mengusung formasi empat bek. Tidak menutup kemungkina­n pelatih 43 tahun itu menjajal skema tiga bek yang dianggap ideal untuk mengakomod­asi deretan bek seperti Bonucci, Mateo Musacchio, dan Alessio Romagnoli.

’’Kami butuh cara yang benar dalam mempersiap­kan tim pada laga ini. Sebab, target saya bukan di sini (ICC 2017), melainkan melawan CSU Craiova (kualifikas­i ketiga Europa League, Red),’’ tutur Montella.

Sebelum menghadapi Craiova dalam dua di Rumania (28/7) dan San Siro (4/8), /8), Milan punya dua agenda a pramusim lainnya. Di antaranya, laga kedua ICC menghadapi Bayern Muenchen di Longgang Stadium, Shenzhen (22/7).

Bagi Milan, melakoni ICC di Tiongkok terbilang spesial. Sebab, Tiongkok adalah negerinya Li Yonghong, pemilik baru Milan. Menjadi kesempatan bagi Riccardo Montolivo dkk untuk cari muka di depan Li bahwa kucuran dananya tidak akan sia-sia. (ren/c17/dns) VINCENZO MONTELLAA PETER BOSZ

 ?? MAJA HITIJ/BONGARTS FOTO: MATTEO BAZZI/ANSA VIA AP-GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS ?? leg, caps Milan TV.
MAJA HITIJ/BONGARTS FOTO: MATTEO BAZZI/ANSA VIA AP-GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS leg, caps Milan TV.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia