Jawa Pos

Selamat Ultah, Odemwingie!

-

BANGKALAN – Tak berlebihan mengibarat­kan Peter Odemwingie di Liga 1 layaknya Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi di La Liga. Terlalu sulit dihentikan oleh bek-bek lawan. Entah Madura United menang, seri, atau kalah, dia tetap saja mencetak gol.

Dalam tiga laga terakhir, dia sudah mencetak empat gol. Juga, secara total hingga pekan ke-15, mantan kapten timnas Nigeria itu telah menyarangk­an 13 gol dan 3 assist. Termasuk satu golnya yang menentukan kemenangan 1-0 Madura United atas tamunya, Persiba Balikpapan, di Gelora Bangkalan kemarin. Dia membawa timnya memimpin klasemen sementara Liga 1 dengan 28 poin, tapi lebih banyak satu laga ketimbang PSM Makassar yang baru melakoni pekan ke-15 hari ini dengan melawan Barito Putera.

Dengan jumlah gol sebanyak itu, pemain yang baru berulang tahun ke-36 pada Sabtu (15/7) tersebut merupakan yang tersubur di kompetisi level teratas tanah air itu dengan 13 gol. Itu lebih banyak tiga gol ketimbang pesaing terdekatny­a, Sylvano Comvalius dari Bali United.

Selain itu, gol yang dia cetak kemarin tidak gampang. Mantan pemain Stoke City tersebut melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-37 yang gagal dihalau kiper Persiba Yoewanto Stya. Gol yang menentukan kemenangan timnya saat lawan bertahan dengan sangat baik.

Melawan Persiba, Madura United yang biasanya bermain tajam begitu kesulitan. Tercatat, hanya delapan tembakan yang dilepaskan para pemain Laskar Sape Kerrap –julukan Madura United. Berkali-kali serangan yang dibangun playmaker Madura United Slamet Nurcahyo dimentahka­n lini belakang Persiba yang dikomando Dirkir Glay. ”Pertanding­an ini memperliha­tkan bahwa tidak ada yang mudah di Liga 1. Meski lawan kami merupakan tim paling bawah di klasemen sementara,” kata pelatih Madura United Gomes de Oliveira setelah pertanding­an kemarin. Gomes menambahka­n, para pemainnya harus berjuang matian-matian untuk mencetak gol. Bahkan, striker Odemwingie sampai membantu lini tengah untuk mendapatka­n bola. ”Pemain Persiba memang sulit ditembus. Belum lagi kondisi kami kelelahan karena jadwal mepet. Lawan juga sangat disiplin menjaga wilayahnya. Untung, Odemwingie bisa mencetak gol di babak pertama. Itu memang salah satu skill individuny­a,” imbuh pelatih asal Brasil tersebut.

Bagi Persiba, itu merupakan kekalahan ke-12 dari 15 laganya di Liga 1. Namun, pelatih Persiba Milomir Seslija mengatakan bahwa permainan anak asuhnya sudah meningkat pesat. Dia menyebut kekalahan itu sebagai kekalahan terhormat. Sebab, Marlon da Silva dkk tetap berjuang mencetak gol sampai menit akhir.

 ??  ?? 1 SENGIT: Striker Persiba Marlon da Silva (kiri) ditempel ketat pemain belakang Madura United di Stadion Gelora Bangkalan kemarin. MADURA UNITED VS PERSIBA 0 LIGA 1
1 SENGIT: Striker Persiba Marlon da Silva (kiri) ditempel ketat pemain belakang Madura United di Stadion Gelora Bangkalan kemarin. MADURA UNITED VS PERSIBA 0 LIGA 1
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia