Jawa Pos

Kuncinya Jangan Remehkan Lawan

Hari Ini Hadapi Kirgistan di Penyisihan Fed Cup

-

JAKARTA – Lolos ke grup 1 zona Asia-Oseania Fed Cup 2017 menjadi target tim tenis Indonesia. Membawa sederet pemain andalan seperti Jessy Rompies, Beatrice Gumulya, Aldila Sutjiadi, dan Lavinia Tananta, mereka sudah siap berlaga di turnamen yang sekaligus dijadikan ajang uji coba menjelang SEA Games tersebut.

Menurut hasil drawing kemarin (17/7), tim besutan Sri Utaminings­ih itu akan menghadapi perlawanan tim Kirgistan hari ini (18/7). Kirgistan akan menurunkan Alina Lazareva, Myrzaiym Sherikulov­a, dan Aigerim Akzhol Kyzy.

Melihat susunan kekuatan Indonesia, nama Deria Nur Haliza memang urung dimasukkan ke skuad Fed Cup. Sebab, peraturan Fed Cup menyebutka­n bahwa para peserta hanya diperboleh­kan membawa empat pemain. Sejatinya, Deria dipersiapk­an untuk turun di sektor tunggal bersama Beatrice Gumulya sebagai pilihan utama.

Menghadapi kondisi tersebut, besar kemungkina­n posisi Deria digantikan Aldila Sutjiadi atau Lavinia Tananta. Di sektor ganda, besar kemungkina­n nama Jessy Rompies/Beatrice Gumulya diturunkan kali pertama. Bukan tanpa alasan, pa- sangan ganda nomor satu Indonesia itu dianggap paling matang untuk bertanding di level internasio­nal. Jessy/Beatrice juga baru saja menjuarai Hua Hin Circuit di Thailand (15/7).

”Untuk siapa yang diturunkan pertama, kami akan melihat kesiapan anak-anak pada detik akhir. Sebab, kami juga belum tahu siapa lawannya,” kata Utami kemarin.

Dia menyatakan, kans Merah Putih untuk lolos dari fase penyisihan sangat terbuka. Sebab, lawan Merah Putih tidak terlalu berat. Jessy Rompies dkk hanya akan menghadapi Sri Lanka, Kirgistan, dan Tajikistan.

Jika lolos dari babak penyisihan, Indonesia dipastikan ber temu dengan Hongkong dalam semifinal. Saat ini Hongkong berada di pool B bersama Pacific Oceania dan Iran. ”Mudah-mudahan kami bisa mengatasi semua pertanding­an dengan baik sampai semifinal. Kami ingin sukses menghadapi Hongkong dan bertemu Uzbekistan dalam partai final,” ungkapnya. Uzbekistan digadang-gadang menjadi tembok penghalang Indonesia untuk melangkah ke grup 1 zona Asia-Oceania.

Petenis Indonesia Jessy Rompies optimistis dapat lolos fase penyisihan dengan mudah. Bahkan, dia memprediks­i bisa mengalahka­n Hongkong dan melangkah ke partai final. ”Yang penting, harus berfokus mengalahka­n lawan satu per satu. Jangan menganggap remeh lawan karena semua bisa terjadi di turnamen beregu seperti ini,” ujarnya

 ?? SRI UTAMININGS­IH FOR JAWA POS ?? KOMPAK: Dari kiri, Jessy Rompies, Beatrice Gumulya, Lavinia Tananta, dan Aldilla Sutjiadi sebelum berlatih di Tajikistan kemarin.
SRI UTAMININGS­IH FOR JAWA POS KOMPAK: Dari kiri, Jessy Rompies, Beatrice Gumulya, Lavinia Tananta, dan Aldilla Sutjiadi sebelum berlatih di Tajikistan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia