Jawa Pos

Peluang buat Pemain Magang

-

PERSEBAYA Surabaya memiliki empat pemain dengan status magang alias belum masuk skuad inti di Liga 2. Mereka adalah Adam Maulana, M. Jalaludin, Jayadin Lessy, dan Arif Rachman.

Jumlah itu bisa berkurang saat memasuki jendela transfer putaran kedua. Isyarat tersebut disampaika­n pelatih Angel Alfredo Vera. Menurut dia, di antara empat pemain magang, ada dua yang punya kans promosi ke tim utama.

”Adaduapema­inyangmenu­njukkan perkembang­an signifikan. Mereka adalah Adam dan Udin (sapaan akrab Jalaludin, Red),” kata Alfredo.

Pernyataan pelatih yang mengantar Persipura Jayapura juara Indonesia Soccer Championsh­ip (ISC) A tahun lalu itu memang terbukti di lapangan. Sejumlah pemain yang jarang menghuni starting line-up punya spirituntu­kmenunjukk­ankeboleha­n. Contoh konkretnya adalah Moch. Irvan. Bek kiri jebolan klub internal Indonesia Muda tersebut kini mulai mendapat kepercayaa­n dari Alfredo.

Poin penting yang disorot Alfredo adalah komunikasi selama di lapangan. Nah, Adam serta Udin memiliki modal untuk itu. Mereka tak segan berbicara dengan yang lebihsenio­r.Selainitu,perkembang­an keduanya di posisi masing-masing memegang peran. Untuk diketahui, Adam biasa bermain sebagai gelandang. Sedangkan Udin akrab dengan posisi bek kanan maupun kiri.

”Tidak ada yang kami istimewaka­n. Semua pemain memiliki peluang sama. Siapa yang bagus dan konsisten, dialah yang punya kesempatan besar untuk main,” tambah pelatih berkebangs­aan Argentina tersebut.

Ambon –sapaan akrab Irvan– juga baru saja dipromosik­an tahun ini ke tim profesiona­l. Bila nanti jadi promosi, Adam dan Udin akan mengikuti jejak beberapa pemain lain yang juga langsung ”naik pangkat” dari klub internal. Mereka adalah Rachmat Irianto, Abu Rizal, Mei Handoko Prastiyo, dan Samuel Reimas.

Meski peluang terbuka, Adam tetap low profile. ”Saya sudah dengar itu (promosi) di pemberitaa­n. Kalau memang benar, siapa pun yang nanti promosi pasti tidak akan membuang kesempatan emas ini. Siapa pun pasti inginmenge­nakankostu­mPersebaya,” tutur Adam yang jebolan klub internal Al Rayyan. (io/c9/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia