Jawa Pos

KPL I Siapkan Pakem untuk Sosialisas­i

-

SIDOARJO – Suasana semarak langsung menyambut ketika berada di Taman Tanjung Puri. Taman yang dulu difungsika­n sebagai tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah itu dipenuhi kader lingkungan. Mereka berangkat dari empat kecamatan yang masuk dalam Kelompok Peduli Lingkungan (KPL) I Zero Waste Academy (ZWA). Yakni, Candi, Sidoarjo Kota, Buduran, dan Tulangan.

Pada Minggu (16/7), diselengga­rakan agenda pengukuhan agen lingkungan ZWA. Jumlah kader KPL I ZWA generasi satu mencapai 20 orang. Ditambah 252 orang dari seluruh desa yang masuk dalam wilayah kelompok satu. Tiap desa memercayak­an tugas menjadi kader lingkungan kepada tiga orang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemkab Sidoarjo M. Bahrul Amig secara langsung memimpin penyematan kartu identitas yang menyatakan bahwa mereka resmi menjadi agen perubahan di bidang lingkungan. Dalam program ZWA, mereka bakal disatukan dan melaksanak­an aksi-aksi berjamaah untuk mencapai target Sidoarjo Nol Sampah 2018.

Materi pengolahan sampah disampaika­n tim sosialisas­i DLHK dan para kader generasi utama. Para kader harus menguasai praktik pengolahan sampah sebelum disosialis­asikan kepada warga. Mulai memilah sampah, membuat komposter takakura, melakukan konsultasi bank sampah, hingga memproses sampah organik dengan microorgan­ism local (MOL).

Ketua KPL I ZWA Mariyono Subagyo memaparkan bahwa timnya akan segera membuat pakem sosialisas­i. Yakni, materi pengolahan sampah lengkap yang konsisten. ”Jadi, siapa pun yang turun ke lapangan, sudah ada pedomannya,” katanya. Dia mengaku gampang-gampang susah membina empat kecamatan tersebut. ”Meskipun Candi, Buduran, sama Sidoarjo ini banyak kotanya, tapi justru susah. Masyarakat­nya cuek,” lanjutnya. (via/c16/ai)

 ??  ?? BEKAL SOSIALISAS­I: Rodiyatul (kiri) menjelaska­n cara mengolah sampah kepada kader KPL I ZWA.
BEKAL SOSIALISAS­I: Rodiyatul (kiri) menjelaska­n cara mengolah sampah kepada kader KPL I ZWA.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia