Jawa Pos

Bupati Jamin Relokasi PKL

PT Semen Indonesia Pastikan Lahannya Boleh Dipakai

-

GRESIK – Bupati Sambari Halim Radianto siap pasang badan soal relokasi PKL alun-alun ke kawasan Jalan Notoprayit­no. Pemindahan itu dijamin tidak bermasalah. Baik PT Semen Indonesia (SI) sebagai pemilik lahan maupun warga sekitar menjadi tanggung jawab Pemkab Gresik.

Kemarin (27/7) Sambari menegaskan jaminan pemkab tersebut kepada para pedagang. Dalam persoalan relokasi, lanjut dia, pemkab adalah pelaksana program sekaligus penjamin bagi pedagang.

”Jadi, perlu saya tegaskan lagi. Relokasi PKL adalah program penataan yang dilakukan pemkab,” ujarnya. Jadi, pemkablah yang menjadi penjamin bagi pedagang.

Bagaimana soal teknis perjanjian penggunaan lahan di Jalan Notoprayit­no? pejabat asli Dukun tersebut menyatakan, teknis akan dilakukan sepenuhnya oleh pemkab dan PT SI. ”Karena itu, para pedagang tidak usah khawatir,” katanya.

Sambari memastikan sudah beberapa kali menggelar pertemuan dengan perwakilan direksi PT SI soal penggunaan lahan tersebut. BUMN itu sudah mempersila­kan. Namun, terkait teknis pembuatan perjanjian resmi, ada sejumlah tahap yang perlu dilakoni. ”Tapi, secara prinsip, tak ada masalah. Kami berharap para PKL menerima program penataan yang kami siapkan,” tuturnya.

Sebelumnya diberitaka­n, relokasi PKL alun-alun ke lahan di Jalan tertunda. Penyebabny­a, para PKL yang tergabung dalam Paramaniag­a Pedagang AlunAlun Gresik (PPAG) berkeberat­an. Mereka mengajukan tuntutan baru. Salah satunya meminta adanya perjanjian bersama antara pedagang, pemkab, dan PT SI terkait pemakaian lahan Jalan Notoprayit­no. Juga ada tuntutan penyediaan fasilitas pendukung.

Di bagian lain, kemarin perwakilan PKL bersama sejumlah lembaga yang belum sepaham dengan kelanjutan revitalisa­si alunalun mendatangi kantor DPRD Gresik. Mereka melakukan audiensi dengan pimpinan DPRD Gresik.

Salah satu yang dibahas adalah masalah kelanjutan nasib relokasi PKL. ”Karena itu, sebelum ada kejelasan pemindahan, kami mohon tetap menempati alun-alun,” kata M. Yasin, ketua PPAG.

Dalam rapat bersama yang digelar pemkab dan seluruh perwakilan masyarakat terkait revitalisa­si alun-alun pada Kamis (20/7), ada sejumlah kesepakata­n. Mulai relokasi PKL, redesain alun-alun, hingga pembentuka­n tim pemantau revitalisa­si.

Pimpinan DPRD bakal mengawal penyelesai­an masalah-masalah itu. Mulai Kelanjutan revitalisa­si, persoalan relokasi PKL, hingga pembentuka­n tim pemantau. ”Segera kami koordinasi­kan dengan semua pihak terkait,” ujar Ketua DPRD Abdul Hamid. (ris/c24/roz)

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? DIJAMIN: Para PKL alun-alun diminta segera pindah ke lokasi baru di kawasan Jalan Notoprayit­no.
ADI WIJAYA/JAWA POS DIJAMIN: Para PKL alun-alun diminta segera pindah ke lokasi baru di kawasan Jalan Notoprayit­no.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia