Jawa Pos

Meh Banget, tapi Tetap Laku

-

LOS ANGELES – Entah dosa apa yang dibawa para penggagas The Emoji Movie. Punya bekal bagus (ide, karakter yang populer lantaran kita temui sehari-hari di gadget, serta bintang-bintang kelas A), film itu hancur sehancur-hancurnya di mata kritikus.

Hingga tadi malam, The Emoji Movie yang diisi suara oleh James Corden, Sir Patrick Stewart, dan Christina Aguilera mendapatka­n rating 8 persen di Rotten Tomatoes. Penilaian tersebut sudah alhamdulil­lah, karena sehari sebelumnya reviewer memberikan rating 0 persen. Di IMDb, skornya hanya 1,4 dari 10 dan Metacritic memberinya 10 persen. Sedih.

The Emoji Movie mengisahka­n kehidupan di dalam Textopolis, sebuah kota di dalam smartphone. Ada banyak emoji yang tinggal di sana dan mereka hanya memiliki satu ekspresi yang ditampilka­n di layar smartphone. Kecuali emoji ’’ meh’’ bernama Gene (T.J. Miller) yang punya ekspresi tidak terbatas.

Kritikus menilai jalan cerita itu aneh dan terlalu imajinatif. Dialognya tidak lucu dan terkesan maksa. Alhasil, film berdurasi 86 menit tersebut sangat membosanka­n. ’’Ada banyak cara yang lebih buruk untuk menghabisk­an 86 menit,’’ tulis Katie Walsh, kritikus Los Angeles Times. ’’Karena The Emoji Movie tak akan bisa lagi menjadi lebih ’ meh’,’’ lanjutnya.

Latar tempat dan animasi film itu dirasa mirip dengan animasi Pixar Inside Out. Banyak humor kasar dan slapstick. Juga, menampilka­n konten-konten iklan aplikasi secara eksplisit. Misalnya, Candy Crush, Spotify, dan Just Dance Now. Akibatnya, The Emoji Movie tampak seperti iklan yang dikemas menjadi sebuah film.

Meski menjadi bulan-bulanan, tampaknya The Emoji Movie tetap banyak ditonton. Diputar mulai Kamis lalu di Amerika Utara (dan Indonesia dalam waktu dekat), film tersebut diprediksi memperoleh pendapatan minimal USD 27 juta (Rp 266 miliar). Selama KamisJumat, film yang disutradar­ai Tony Leondis itu sudah mengantong­i USD 10,1 juta atau setara Rp 134,6 miliar. (adn/c14/na)

 ??  ?? SONY PICTURES VIA IMDB EKSEKUSI PAYAH: Tokoh-tokoh dalam The Emoji Movie yang sangat akrab dengan penonton tak bisa dimanfaatk­an dengan baik.
SONY PICTURES VIA IMDB EKSEKUSI PAYAH: Tokoh-tokoh dalam The Emoji Movie yang sangat akrab dengan penonton tak bisa dimanfaatk­an dengan baik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia