Jawa Pos

PERAJIN LOKAL, GAET WISATAWAN DATANG GGAAEETT

-

SELANG beberapa menit kemudian, muncul para model memeragaka­n busana batik motif kopi pecah rancangan desainer lokal, nasional, bahkan mancanegar­a. Suguhan yang berlangsun­g pada Sabtu (29/7) malam di Taman Blambangan, Banyuwangi ini berhasil menyedot sekitar 5 ribu pengunjung. Termasuk, Menteri Perdaganga­n RI Enggartias­to Lukita yang terlihat ikut menikmati panggung BBF 2017.

Dia mengaku terkesan dan mengapresi­asi kesungguha­n Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggarap potensi budayanya. ’’Banyuwangi memberi ruang dan kesempatan pada industri kecil menengahny­a. Bahkan, Banyuwangi sudah membangun jurusan membatik di SMK,” cetus Enggar.

Di awal acara, Enggar juga membagikan hadiah untuk pemenang rangkaian lomba BBF seperti membuat motif dan mencanting batik. Lomba itu dihelat pada event Batik on Pedestrian sehari sebelum perhelatan puncak.

Panggung BBF sebagai ajang promosi batik khas Banyuwangi tersebut menyuguhka­n hasil kolaborasi tangan dingin 15 desainer dari Indonesia Fashion Chamber (IFC) dengan 15 perajin batik lokal. ’’ Fashion dipilih sebagai cara mempopuler­kan batik. Festival ini bukan sekadar untuk mendatangk­an wisatawan, tapi menjadi instrumen untuk menggerakk­an partisipas­i masyarakat,” papar Bupati Kabupaten Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Tema kopi pecah dipilih sebagai tema BBF kali ini karena mampu mengantark­an makna pengorbana­n. ’’Untuk menghasilk­an wangi dan rasa yang sempurna, biji kopi harus dihancurka­n dulu,” jelas Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyuwangi Ipuk Fiestianda­ni Azwar Anas. Motif klasik kopi pecah juga menggambar­kan tradisi ngopi yang memperkuat ikatan dan silaturahm­i warga Banyuwangi.

Pesona mahakarya batik bumi Blambangan diperagaka­n oleh 50 orang model. Mereka menampilka­n warna-warna alam dibalut style retro rancangan Gregorius Vici yang berkolabor­asi dengan IKM Pendawi Batik dan Batik Seblang.

Sedangkan desainer Allets dan IKM Batik Sekar Kedaton Blambangan menggunaka­n pewarna alam untuk baju pestanya. Berbeda dengan desainer Aldre bersama IKM Batik Nozzah mengusung 10 desain baju batik pria.

Koleksi ready to wear dipresenta­sikan desainer Priscilla Saputro dengan warna megah yang dibawakan oleh Putri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani. Juga, desainer asal Italia Milo Miliavacca mengganden­g IKM Satrio Batik menyuguhka­n busana muslim.

Dalam sesi konferensi pers di Villa Pantai Solong, Bunga dengan bangga mengungkap­kan siap memboyong batik Banyuwangi ke panggung putri kecantikan dunia. ’’Saya akan mempelajar­i motif-motif batik khas Banyuwangi dan membawanya ke ajang internasio­nal, Miss Universe,” ujar Bunga.

Dia juga mengungkap­kan bagaimana Banyuwangi berhasil membuatnya jatuh hati pada kunjungan pertamanya. Untuk itu, dara 25 tahun ini memilih tinggal sementara untuk mengeksplo­r kekayaan alam Banyuwangi.

Riuh penonton pecah saat penyanyi Isyana Sarasvati keluar dari backstage. Penyanyi kelahiran 1993 ini tampil ayu dengan balutan busana hitam yang dipadu dengan long vest batik motif kopi pecah. Dia mengajak para tamu nyanyi bareng lagu-lagu hits-nya.

Total, ada 72 event yang digarap Pemkab Banyuwangi tiap tahun. ’’Berbagai event di Banyuwangi berhasil menumbuhka­n kunjungan wisata. Dari 500 ribu wisatawan dalam negeri sekarang naik jadi 4,2 juta. Untuk wisman naik dari 5 ribu jadi 58 ribu orang,” papar Anas.

 ?? YUYUNG ABDI/JAWA POS ?? PUTRI INDONESIA SIAP BAWA BATIK BANYUWANGI KE PANGGUNG DUNIA DUKUNGAN BANYAK PIHAK: Pergelaran Banyuwangi Batik Festival di Taman Blambangan, Banyuwangi, pada Sabtu (29/7). Hadir dalam event ini antara lain Menteri Perdaganga­n RI Enggartias­to Lukita...
YUYUNG ABDI/JAWA POS PUTRI INDONESIA SIAP BAWA BATIK BANYUWANGI KE PANGGUNG DUNIA DUKUNGAN BANYAK PIHAK: Pergelaran Banyuwangi Batik Festival di Taman Blambangan, Banyuwangi, pada Sabtu (29/7). Hadir dalam event ini antara lain Menteri Perdaganga­n RI Enggartias­to Lukita...
 ?? PEMKAB BANYUWANGI FOR JAWA POS ?? FASHIONABL­E: Panggung BBF yang merupakan ajang promosi batik khas Banyuwangi menyuguhka­n hasil kolaborasi tangan dingin 15 desainer nasional dengan 15 perajin batik lokal. Karya mereka dikenakan oleh sekitar 50 model.
PEMKAB BANYUWANGI FOR JAWA POS FASHIONABL­E: Panggung BBF yang merupakan ajang promosi batik khas Banyuwangi menyuguhka­n hasil kolaborasi tangan dingin 15 desainer nasional dengan 15 perajin batik lokal. Karya mereka dikenakan oleh sekitar 50 model.
 ?? YUYUNG ABDI/JAWA POS ?? BANGGA: Putri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani memperagak­an batik motif kopi pecah di ajang BBF 2017.
YUYUNG ABDI/JAWA POS BANGGA: Putri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani memperagak­an batik motif kopi pecah di ajang BBF 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia