Jawa Pos

Sang Ayah Bisa Pecahkan Rekor Raiola

-

KELIHAIAN agen pemain seperti Mino Raiola dan Jorge Mendes tidak perlu diragukan lagi. Mereka bisa mengeruk komisi dalam jumlah fantastis dalam setiap transaksi pemain.

Raiola, misalnya. Ketika membantu Paul Pogba sebagai pemain termahal dunia dengan EUR 105 juta (sekitar Rp 1,64 triliun) musim panas tahun lalu, Raiola diklaim memperoleh komisi GBP 24,1 juta (Rp 421,91 miliar). The

menyebut itulah komisi terbesar agen pemain dalam sejarah.

Nah, musim panas tahun ini rekor Raiola terancam dipecahkan Santos Sr yang tak lain adalah ayah Neymar sekaligus agen bintang Barca tersebut. Sep erti dilansir Sport kemarin (30/7), Santos Sr disebut-sebut bakal men da pat komisi EUR 62 juta ( Rp 970,87 mi liar) kalau anaknya jadi pindah ke Paris.

Perinciann­ya, PSG memberikan EUR 36 juta (Rp 563,73 miliar) dan Barca EUR 26 juta (Rp 407,14 miliar). Kenapa Barca memberikan komisi? Alasannya, Santos Sr berhasil membujuk Neymar untuk menurunkan nilai kontraknya setelah pembaruan musim lalu.

Awalnya Neymar mengingink­an EUR 40 juta (Rp 626,37 miliar) per tahun untuk kontrak barunya yang berdurasi sampai 2021. Tapi, sang ayah sukses membujuk Neymar untuk menurunkan harga hingga menjadi EUR 14 juta (Rp 219,23 miliar) per tahun. ”Menurut Santos Sr, Neymar belum perlu dinilai tinggi selama belum pernah memenangi penghargaa­n indi vi du seperti Ballon d’Or,” tulis

Hanya, dari EUR 62 juta yang diperoleh ayah Neymar, kabarnya, tidak semuanya masuk kantong pribadi. Ada ”mulut” lain yang perlu disumpal dan ditengarai adalah Pini Zahavi. Dia adalah orang yang jadi perantara transfer Neymar ke PSG. ( dra/c10/dns) Januari tahun lalu. Setelah dikenalkan oleh Cristiano Ronaldo di sebuah pesta, James dan Lovekaty saling tertarik.

Meski sangat minim bukti bahwa ada benih-benih cinta di antara keduanya saat itu, perceraian James dengan Daniela semakin menguatkan tuduhan tersebut. ( dra/c11/dns)

 ?? HECTOR RETAMAL/AFP ?? Independen­t
HECTOR RETAMAL/AFP Independen­t
 ?? HOTNESS RATER ?? Sport.
HOTNESS RATER Sport.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia