Jawa Pos

Dominasi (Bisa) Kembali

-

TANGER – Dominasi Paris Saint-Germain (PSG) sempat terganggu pada musim lalu. Mereka harus menyerahka­n mahkota Ligue 1 kepada AS Monaco. Namun, pada musim ini, tampaknya, PSG bi sa kembali mendo minasi. Sinyal itu ditunjukka­n kemarin (30/7) saat mereka menaklukka­n AS Monaco dalam ajang Trophee des Champions. Kemenangan dengan skor 2-1 di Stade de Tanger, Tanger, Maroko, tersebut sekaligus menjadi trofi kelima PSG secara beruntun dalam ajang Trophee des Champions.

Dani Alves yang baru direkrut dari Juventus berkontrib­usi besar dalam laga kemarin. Dia tak hanya menyumbang satu gol pada menit ke-51, tapi juga menjadi kreator lahirnya gol Adrien Rabiot (63’). Monaco yang ditinggal sejumlah pemain kunci sebetulnya sempat unggul melalui Djibril Sidibe (30’). Namun, setelah itu, mereka keteteran.

”Saya tidak bermimpi bisa menorehkan awal yang lebih bagus bersama PSG,” kata Alves kepada Four Four Two. ”Ini menjadi bekal bagus. Sebab, selama pramusim, kami belum mendapatka­n apa-apa,” jelas mantan penggawa Barcelona tersebut.

Meski menang, Unai Emery sebagai entraineur PSG menyebut Monaco tetap merupakan kekuatan yang menakutkan. Namun, dia menegaskan PSG tidak akan mengubah jati diri sebagai tim yang lebih menyerang. ”Dan tim ini sudah paham bagaimana caranya tetap tenang. Ini yang lebih penting. Kami akan melanjutka­n apa yang terbaik untuk musim ini,” ungkap pelatih yang sudah memberikan tiga trofi bagi PSG itu.

PSG pun bakal membuktika­nnya dalam Ligue 1 musim 2017– 2018 yang mulai bergulir akhir pekan ini WIB (5/7). Rumah judi Eropa rata-rata memprediks­i klub milik Nasser Al-Khelaifi itu mengangkat trofi juara Ligue 1 ketujuh pada musim ini. PSG mengawali musim 2017–2018 dengan menjamu klub promosi, Amiens SC, di Parc des Princes, Paris, kandangnya.

Sebaliknya, kekalahan kemarin menjadi peringatan bagi Leonardo Jardim. Arsitek Monaco tersebut harus segera mencari amunisi baru. Maklum, setelah Benjamin Mendy, Tiemoue Bakayoko, Bernardo Silva, dan Valere Germain dilepas, kekuatan Monaco tereduksi. Monaco semakin timpang jika Kylian Mbappe jadi direkrut Real Madrid.

”Ini hasil yang menyulitka­n, kami sudah berusaha main bagus. Tapi, kami masih terlalu buruk. Kini kami harus lebih berfokus mengawali musim Ligue 1,” ucap bek tengah Monaco Jemerson sebagaiman­a dikutip situs Football 365. Apesnya, Monaco langsung melawan Toulouse yang pada musim lalu pernah mempecunda­ngi Radamel Falcao dkk. (ren/c23/bas)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia