Jawa Pos

Vettel Menjauh Lagi

Hamilton Berikan Posisi Ketiga kepada Bottas

-

BUDAPEST – Ini adalah akhir pekan yang sempurna bagi Ferrari. Di Hungarorin­g yang tak menuntut mesin besar, tim Kuda Jingkrak benar- benar tak ter tandingi sejak start hingga finis. Podium 1- 2 bagi duo Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen di Hungaria adalah yang pertama sejak 2004. Kali terakhir dua mobil Ferrari finis 1-2 di Budapest terjadi saat Michael Schumacher dan Ruben Barrichell­o finis di depan Fernando Alonso yang saat itu masih mem bela Renau l t. Ini adalah komposisi 1-2 Ferrari yang kedua tahun ini setelah GP Monaco.

Kemenangan sempurna Ferrari di Hungarorin­g semakin mengonfirm­asi kekuatan tim pabrikan Italia tersebut. Jika menilik karakterny­a, Hungarorin­g bukan sirkuit biasa. Meski bersifat permanen, trek itu memiliki ciri khas yang mirip dengan trek jalanan. Sempit, membutuhka­n maksimal, dan sulit melakukan Ya, di situlah Ferrari bisa jauh lebih tangguh daripada Mercedes.

Sejak start, Ferrari tak mendapatka­n ancaman berarti. Justru Mercedes yang terpaksa meladeni ’’kegilaan’’ bintang muda Red Bull-TAG Heuer Max Verstappen. Untung bagi Mercedes, pembalap Belanda itu harus menerima penalti 10 detik karena insiden menabrak mobil rekan setimnya, Daniel Ricciardo, di tikungan 2 lap pertama. Akibat tabrakan tersebut, mobil Ricciardo hancur. ’’Sepertinya dia tidak senang melihat rekan setimnya ada di depannya. Ini benar-benar kesalahan amatir,’’ sembur Ricciardo kesal. Akibat insiden itu, safety car keluar untuk membersihk­an ceceran oli. Balapan baru di- lanjutkan pada lap ke-6.

Hingga pertengaha­n lomba, Verstappen berada di posisi keempat di antara Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Namun, ketika pembalap 19 tahun itu melakukan pit stop di lap 43 dan mengambil penalti 10 detik, posisinya langsung turun ke urutan kelima di belakang Hamilton.

Setelah itu, Mercedes mulai memburu Ferrari. Pada lap ke-47, Bottas bahkan memberikan jalan kepada Hamilton untuk mengejar Raikkonen dan Vettel. Setelah lima lap, strategi itu, tampaknya, akan berhasil. Hamilton mampu mengepras jarak dari Raikkonen hingga tersisa 1,2 detik saja. Namun, usaha itu gagal.

Di tikungan terakhir lap pemungkas, Hamilton melakukan aksi superdrama­tis. Dia memperlamb­at mobilnya dan ’’memberikan’’ podium ketiga kepada Bottas. Itu adalah tindakan balasan karena sebelumnya Bottas memberikan jalan kepadanya.

Karena hanya finis keempat, kini jarak Hamilton dengan Vettel kembali menjauh menjadi 14 poin. ’’Aku ucapkan terima kasih kepada Lewis karena menepati janjinya untuk membiarkan­ku lewat,’’ ungkap Bottas. (cak/c19/nur)

 ??  ?? Guardian.ardian. on fire,’’ mix gender Twitter. on fire. The power downforce overtaking.
Guardian.ardian. on fire,’’ mix gender Twitter. on fire. The power downforce overtaking.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia