Jawa Pos

Petakan Jam Rawan Kejahatan

-

SURABAYA – Sejumlah polsek di Surabaya mengadakan operasi cipta kondisi (cipkon) Sabtu malam (29/7). Areanya tersebar. Di antaranya, kawasan Gubeng, Sukolilo, Mulyorejo, Rungkut, Wonocolo, Tenggilis Mejoyo, dan Sawahan. Razia berlangsun­g hingga Minggu (30/7) pukul 04.00.

Razia dibagi menjadi dua. Ada yang berinisiat­if melakukan penyekatan. Ada juga yang memeriksa kelengkapa­n berkendara setiap pengguna jalan.

Operasi Polsek Sukolilo di kawasan Keputih berhasil mengamanka­n satu motor bodong. Adapun operasi cipkon Polsek Rungkut di area Gunung Anyar pukul 22.30 berhasil menilang 24 pengendara motor lantaran surat-suratnya tidak lengkap. ’’Kami coba razia di jalanan yang rawan sambil memetakan (kejadian 3C (curas, curat, dan curanmor)),’’ ujar Kapolsek Rungkut Kompol Dwi Heri Sukiswanto.

Polsek Mulyorejo lebih memilih hunting di jalanan yang dianggap rawan. Se- banyak 4–6 polisi yang terbagi ke dalam dua tim berpatroli dengan mengenakan seragam lengkap. Tujuannya, memberikan rasa aman sekaligus melakukan penyisiran. Petugas berhasil membawa pulang dua motor bodong. ’’Rumah kontaknya rusak. Ini indikasi yang kuat,’’ tutur Kompol Bagus Dwi Rusiawan, Kapolsek Mulyorejo.

Polsek Wonocolo dan Polsek Tenggilis Mejoyo mengadakan operasi pada jam yang sama, sekitar pukul 01.00. Mereka ber operasi di kawasan Sidosermo dan Tenggilis Lama. Korps seragam cokelat mengerahka­n unit reskrim dan unit lantas.

Hasilnya, Polsek Tenggilis Mejoyo menilang 12 pengendara motor lantaran tidak memiliki surat-surat yang lengkap. Polsek Wonocolo mengamanka­n dua pemuda mabuk dan menilang sembilan motor.

Sementara itu, Polsek Gubeng memilih melaksanak­an razia saat dini hari. Tepatnya pukul 02.00–04.00. Polisi menggabung­kan model penyekatan dan razia lalu lintas. ’’Yang kami curigai langsung digeledah,’’ kata Kanitreskr­im Polsek Gubeng AKP I Gede Made Wasa.

Razia diakhiri dengan patroli sembari mengusir beberapa kelompok pemuda yang akan melangsung­kan trek-trekan di kawasan Ngagel Jaya Selatan. Lima motor bodong berhasil disita petugas. Lalu, 29 motor ditilang.

Di bagian barat, razia kos-kosan dilakukan anggota Polsek Sawahan kemarin dini hari (30/7). Satu pasangan bukan suami istri dan seorang perempuan yang kedapatan memiliki satu botol arak ditindak.

Wakasatres­krim Polrestabe­s Surabaya Kompol Bayu Indra Wiguna menyatakan, operasi serentak memang dilakukan untuk menekan angka kejahatan. Petugas mulai memetakan kembali crime clock dan pola kejahatan usai Lebaran. ’’Kami sedang dalami perubahan. Kejadian mulai merangkak lagi. Jambret dan curanmor tetap jadi prioritas,’’ jelas Bayu. (mir/han/c15/fal)

 ?? MIRZA AHMAD/JAWA POS ?? CIPTA KONDISI: Polisi memeriksa kelengkapa­n surat-surat berkendara di Jalan Raya Gubeng.
MIRZA AHMAD/JAWA POS CIPTA KONDISI: Polisi memeriksa kelengkapa­n surat-surat berkendara di Jalan Raya Gubeng.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia