Jawa Pos

Ramai-Ramai Bersihkan Kali Gedangan

-

SIDOARJO – Sungai Gedangan terlihat lebih bersih. Itu setelah diadakan kerja bakti masal untuk membersihk­an area tersebut kemarin (30/7). Agenda itu melibatkan anggota kelompok peduli lingkungan (KPL) V Zero Waste Academy (ZWA), dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK), serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo. ”Sungai ini menjadi fokus juga. Karena mengalir dari Gedangan hingga Sedati,” kata Ketua KPL V ZWA Maria Ulfa.

Sejak pukul 06.00, semua anggota KPL V ZWA Marjati stand by di lokasi. Terdapat tiga dump truck yang disiagakan DLHK mulai Desa Ganting hingga Desa Wedi. ”Saya siapkan 6 truk. Sudah terisi 5 truk sejauh ini,” ujar Nur Achmad, Kasi Angkutan Sampah DLHK Sidoarjo.

Anggota Pasukan Marinir (Pasmar) 1 Gedangan serta ratusan warga Gedangan ikut berpartisi­pasi. Kasi Kebersihan Permukiman, Jalan, dan Selokan DLHK Sidoarjo Sofyan Irwanto menyatakan, volume sampah sudah berkurang drastis. ”Kebanyakan berupa sampah enceng gondok dan kangkung,” ujarnya. Sungai di wilayah Desa Wedi malah lebih parah. Masih banyak sampah plastik yang ditemukan. ”Kalau di sekitar sana, popok masih banyak. Cuma, saya yakin ya sampah kiriman juga,” paparnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Sigit Setyawan menyatakan, kegiatan itu dilakukan untuk mengantisi­pasi meluapnya air sungai. Misalnya, yang terjadi minggu lalu. Air di sepanjang saluran tersebut meluap karena sampah rumah tangga. ”Warga masih buang sampah sembaranga­n,” katanya.

Tahun ini, Sigit berfokus melakukan normalisas­i di tiga titik. Pertama, pengerukan sepanjang Sungai Buntung. Kedua, penanganan genangan di kawasan tengah kota. Fokusnya adalah normalisas­i di afvoer Sidokare. ” Yang terakhir adalah afvoer Gelondoro di kawasan Jabon,” paparnya. (via/jos/c21/ai)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? GOTONG ROYONG: Warga bersama anggota KPL V ZWA, petugas DLHK, dinas PUPR, dan pasukan marinir I Gedangan berpartisi­pasi untuk membersihk­an Sungai Gedangan kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS GOTONG ROYONG: Warga bersama anggota KPL V ZWA, petugas DLHK, dinas PUPR, dan pasukan marinir I Gedangan berpartisi­pasi untuk membersihk­an Sungai Gedangan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia