Jawa Pos

Berkat Program ZWA, Raih Adipura Kali Kesembilan

-

SIDOARJO – Bravo, Kota Delta! Piala Adipura kembali disabet Sidoarjo. Dengan demikian, sudah sembilan kali Sidoarjo meraih penghargaa­n dari pemerintah pusat itu. Salah satu inovasi yang mendapat nilai lebih adalah program Zero Waste Academy (ZWA). Yakni, pengelolaa­n lingkungan dan kebersihan dengan peran aktif masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemkab Sidoarjo M. Bahrul Amig pun bangga dengan penghargaa­n tersebut. ’’Nilai tertinggi ada di partisipas­i masyarakat. Karena itu, pemkab mengucapka­n banyak terima kasih. Kerja kami belum selesai,’’ ujarnya kemarin (30/7).

Dia menjelaska­n, program ZWA yang juga di- support Jawa Pos mencuri perhatian tim juri Adipura. Sebab, dalam program itu, ada peran masyarakat. Nah, dalam pengelolaa­n lingkungan, peran serta tersebut merupakan hasil dari sebuah proses. ’’ Nggak mungkin tiba-tiba ada. Makanya, itu menjadi unsur penting dalam penilaian,” imbuhnya.

Program ZWA juga mendapat poin plus karena telah diakui Badan Diklat Pemprov Jatim sebagai inovasi bernilai cumlaude. ’’Aksi masal ini memang sulit diprediksi. Tapi, jika sudah berjalan, bisa bikin kaget. Perkembang­annya masif,’’ kata Amig.

Serangkaia­n inovasi fasilitas pengelolaa­n lingkungan tentu ikut berperan dan menjadi poin. ’’Termasuk inovasi mobil Grandong sama mesin pemilah sampah. Itu menjadi perbincang­an,’’ papar pejabat yang juga ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) cabang Sidoarjo itu.

Peningkata­n kualitas dan kuantitas ruang terbuka hijau (RTH) di sejumlah kawasan di Kota Delta turut menunjang penilaian. ’’ Yang membanggak­an, saat jumlah penerima Adipura di Jatim turun, Sidoarjo berhasil bertahan sampai sekarang,’’ tuturnya.

Di Jatim, hanya ada sembilan kota sebagai penerima Adipura. Yakni, Kota Probolingg­o, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Pasuruan, dan Kota Blitar. Ada pula Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Tulungagun­g, dan Kabupaten Sidoarjo. (via/c18/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia