Jawa Pos

Rayakan Odalan Pura dan Tumpek Wayang

-

SIDOARJO – Ribuan umat Hindu Sidoarjo, Bali, Gresik, dan Mojokerto berdatanga­n untuk melakukan persembahy­angan bersama di Pura Jala Siddhi Amertha (JSA), Juanda, Sabtu malam (29/7). Mereka mengikuti salah satu rangkaian upacara Odalan Pura JSA sekaligus perayaan tumpek wayang. Momen tersebut juga dihadiri Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali Gusti Ngurah Sudiana.

Tidak hanya dengan sembahyang bersama, seluruh umat Hindu dari berbagai daerah itu pun merayakann­ya dengan menggelar pentas seni tradisiona­l Bali di Wantilan Baruna Sabha Mandala. Mulai sendratari, geguntanga­n, tari pendet, hingga kesenian teater.

Ketua Pura JSA Kolonel Laut I Made Jiwa Astika menyatakan, odalan pura dalam istilah Bali berarti merayakan berdirinya pura. Upacara tersebut dirayakan bersama oleh seluruh umat Hindu. ”Ada 5000-an umat Hindu yang datang. Sejak pukul 14.00, (pura, Red) sudah padat,” jelasnya. Dipimpin pandita Ida Pedanda Gede Anom Jalakarana Manuaba dari Griya Bilawali Kenjeran, umat Hindu melakukan persembahy­angan bersama. ”Banyak sekali umat yang sembahyang. Sampai digelar empat gelombang,” katanya.

Sementara itu, tumpek wayang, menurut Made, merupakan manifestas­i Dewa Iswara yang menerangi kegelapan, memberikan pencerahan kehidupan di dunia, serta membangkit­kan kesenian dan keindahan. ”Karena itu, banyak umat Hindu yang datang di pura untuk sembahyang,” ungkap direktur Diploma STTAL Surabaya tersebut.

Sementara itu, Ketua PHDI Provinsi Bali Gusti Ngurah Sudiana menuturkan, suasana di Pura JSA sudah seperti di Bali. (ayu/c23/ai)

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? DIGELAR EMPAT GELOMBANG: Umat Hindu dari Sidoarjo, Bali, Gresik, dan Mojokerto sembahyang bersama di Pura Jala Siddhi Amertha.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS DIGELAR EMPAT GELOMBANG: Umat Hindu dari Sidoarjo, Bali, Gresik, dan Mojokerto sembahyang bersama di Pura Jala Siddhi Amertha.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia