Jawa Pos

Ibu Modern Jangan Percaya Mitos

-

SURABAYA – Kehidupan seputar pernikahan, kehamilan, hingga cara membesarka­n anak ala Andien Aisyah banyak jadi sorotan. Bagi Andien, kehamilan pertama tidak boleh dilewatkan begitu saja. Dia bersama sang suami, Irfan Wahyudi yang akrab disapa Ippe, selalu kompak membesarka­n buah hatinya, Anaku Askara Biru.

Pada Prenagen Pregnancy Educationa­l Journey yang dihelat kemarin, Andien mengungkap­kan bahwa dirinya dan suami bekerja sama setiap hari. Datang sepaket, Andien, Ippe, dan Kawa, sapaan Anaku Askara Biru, menjadi daya tarik para peserta event yang bertempat di Dyandra Convention Center itu. Dalam sebuah talk show, dia menyatakan bahwa Ippe selalu setia menemani dan turut membantu menjaga Kawa ketika Andien bekerja. ”Mas Ippe selama masa kehamilan sangat memahami perubahan hormon saya,” terangnya.

Menurut perempuan 31 tahun tersebut, momen ketika anak dilahirkan bukan hanya kelahiran bagi sang anak, melainkan juga kelahiran orang tuanya. Karena itu, sangat penting untuk orang tua saling mengisi. Sebab, kewajiban membesarka­n dan mendidik anak adalah tanggung jawab bersama.

Setelah Kawa lahir, pada 7 Januari 2017, Andien merasa tugasnya sebagai ibu menjadi lebih berat. Selama hamil, dia hanya butuh menjaga pola makan dan mengonsums­i nutrisi yang cukup. Sementara itu, setelah melahirkan, Andien dilanda rasa tanggung jawab untuk mengurus bayi baru lahir yang sangat riwil. Termasuk memikirkan untuk memberikan ASI berkualita­s bagi bayi.

”Masa menyusui adalah saat-saat essential buat aku. Ini cikal bakal untuk anak yg berkualita­s,” lanjutnya. Karena itu, Andien menekankan pentingnya berkonsult­asi dengan dokter anak. ”Ibu-ibu modern jangan larut dengan mitos,” ucapnya.

Andien sempat menemui beberapa kekhawatir­an yang timbul dari mitos yang disebarkan secara turun- temurun. Misalnya, ibu hamil tidak boleh minum es karena akan membuat bayinya obesitas. Padahal, hal itu tidak ada hubunganny­a. Faktor yang membuat bayi obesitas adalah pola makan dan nutrisi yang tidak seimbang. (esa/ c16/ jan)

 ?? ALEX QOMARULLA/JAWA POS ?? IBU DAN KAWA: Andien Aisyah bersama putranya, Anaku Askara Biru, mengisi talk show tentang parenting di Dyandra Convention Center kemarin.
ALEX QOMARULLA/JAWA POS IBU DAN KAWA: Andien Aisyah bersama putranya, Anaku Askara Biru, mengisi talk show tentang parenting di Dyandra Convention Center kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia