Jawa Pos

”Pertukaran Pelajar” tanpa Biaya Besar

-

SURABAYA – Kemarin (31/7) SMPN 1 Surabaya menandatan­gani nota kesepahama­n dengan Benzie Central High School, sekolah di Michigan, Amerika Serikat. Kerja sama itu dimaksudka­n untuk meningkatk­an semangat siswa dan gerakan literasi di sekolah.

Kegiatan tersebut tercetus dari ide alumnus SMPN 1 Surabaya, Alma Putri Dhiafira. Dhea, sapaannya, pernah mengenyam pendidikan selama satu tahun di Benzie Central High School. Pada 2015–2016, Dhea mendapat kesempatan menjalani pertukaran pelajar ke Michigan dari Rotary Exchange Program. ”Ini tidak hanya menambah wawasan bagi siswa di Indonesia, tapi juga di Amerika,” tutur presiden Rotaract Darmo Raya itu.

Dalam kegiatan tersebut, Dhea berdiskusi dengan teman-temannya di sana. Mereka rata-rata mengingink­an pengetahua­n baru selain tentang AS. Bahkan, mereka cukup antusias untuk mengetahui lebih banyak tentang Indonesia. Akhirnya, tercetusla­h ide membuat pertukaran pelajar. Namun, dengan cara yang lebih praktis dan tidak membutuhka­n biaya besar.

Dhea menjelaska­n, program literasi di dua sekolah beda negara itu akan dimulai awal September hingga enam bulan ke depan. Dalam kegiatan tersebut, para siswa tidak saling mendatangi sekolah-sekolah itu. Mereka cukup memanfaatk­an teknologi. Yakni, dengan Skype dan YouTube.

Setiap Sabtu pagi waktu Indonesia atau Jumat malam waktu AS, para peserta berkumpul di lokasi yang telah ditentukan. Kemudian, mereka bertukar informasi sesuai tema yang sudah ditentukan dengan sarana Skype.

Setiap bulan para peserta diminta membuat video. Mereka membahas tema sesuai yang ada di negara masing-masing. Kemudian, hasilnya diunggah ke YouTube.

Kepala SMPN 1 Titik Sudarti mengapresi­asi kegiatan tersebut. Dia berharap para siswa yang mengikuti program itu bisa berkomitme­n untuk menjalanka­n kegiatan sampai tuntas. Pada sosialisas­i kemarin, tercatat ada 25 siswa yang tertarik.

Sementara itu, Regional Public Affairs Officer The US Consulate General Surabaya Christine GetzlerVau­ghan menyatakan bahwa pihaknya mendukung kegiatan tersebut. ”Kami akan membantu mempromosi­kan kegiatan ini,” paparnya. (ant/c6/jan)

 ??  ??
 ?? ANTIN IRSANTI/JAWA POS ?? SEMANGAT LITERASI: Dari kiri, Alma Putri Dhiafira, Christine GetzlerVau­ghan, dan Titik Sudarti di SMPN 1 Surabaya kemarin.
ANTIN IRSANTI/JAWA POS SEMANGAT LITERASI: Dari kiri, Alma Putri Dhiafira, Christine GetzlerVau­ghan, dan Titik Sudarti di SMPN 1 Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia