Jawa Pos

Pesona Jember

-

DUKUNGAN PEMERINTAH PUSAT: Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Presiden JFC Dynand Fariz, didampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Jember Faida, dan Menpar Arief Yahya (kanan) kemarin.

PENDIDIKAN merupakan salah satu bidang yang mendapat perhatian khusus Faida. Anggaran sebesar 34 persen dialokasik­an khusus untuk sektor tersebut, lebih tinggi dari yang ditargetka­n pemerintah pusat, yakni minimal 20 persen.

Tahun ini, program beasiswa untuk 1.000 pelajarpe se-Kabupaten Jember telah disiapkan agarag setiap anak mengenyam pendidikan lebihleb merata. Setiap tahun ada penambahan beasiswabe untuk 1.000 pelajar sehingga selamalam lima tahun total beasiswa adalah 5.000, sesuaises dengan program 22 Janji Kerja Fakta. ”Pemerintah” Pe Kabupaten (Pemkab) Jember berkomitme­nbe memberikan pendidikan terbaik untukun anak-anak,” ungkap Faida.

Selain menjamin pendidikan terbaik, PemkabPe Jember ingin menumbuhka­n rasa nasionalis­mena dalam diri pelajar Jember. KemarinKe (13/8) pagi sekitar 40 ribu pelajar mulaimu SD, SMP, hingga SMA/SMK membanjiri­ba Jember Sport Garden (JSG). Mereka berikrarbe untuk untuk menjaga keutuhan NKRINK dan Pancasila di depan bupati serta MenteriMe Pendidikan dan Kebudayaan MuhadjirMu Effendy.

Sektor kesehatan pun tak luput dari perhatianp­e peraih penghargaa­n Satya LencanaLe Kebaktian Sosial dari Presiden RI JokoJo Widodo tersebut. Faida menitikber­atkanatk kepada anak-anak sebagai generasi peneruspe dengan memperjuan­gkan hak merekame untuk mendapatka­n imunisasi campakca dan Rubella.

Usaha tersebut memerlukan kerja sama yangya solid dari berbagai lapisan seperti dinasdin pendidikan, guru, orang tua, dan murid.mu Nasional mencanangk­an target 94 persen,pe tapi karena memiliki kesadaran yangya tinggi terkait hak anak, Jember menargetka­nna 100 persen anak mendapatka­n imunisasii­m campak dan Rubella. ”Hingga saatsa ini 44 persen anak Jember sudah diimunisas­i,”dii ucap Faida.

Inisiatif lain dari Faida yang berusaha untuk direalisas­ikan adalah keinginan memiliki embarkasi haji dan umrah. Jamaah haji darida Jember yang mencapai 2.500 orang tiaptia tahun adalah motivasi utamanya.

Beberapa upaya telah ditempuh untuk mewujudkan­me hal tersebut. Salah satunya dengande merencanak­an pembanguna­n

asrama haji yang multifungs­i yang akan dibangun di area JSG (Jember Sport Garden).

”Pemkab siap membangun asrama haji. Untuk pembanguna­n terminal dan landasan pesawatnya akan dibantu pemerintah pusat. Rencananya, panjang landasan Bandara Notohadine­goro yang awalnya 1.705 meter diperpanja­ng menjadi 2.400 meter,” kata a Faida.

Ide tersebut juga mendapat sambutan baik dari pemerintah pusat. Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Jember pada 12–13 Agustus lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah pusat sudah menyiapkan perluasan Bandara Notohadine­goro dan ditargetka­n selesai dalam dua tahun. ”Selesai 2019. Anggaranny­a urusan pusat, kurang lebih Rp 300–Rp 450 miliar,” katanya.

Selama dua hari di Jember, mantan wali kota Solo it tu juga menghadiri sejumlah acara. Ibu negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effenndy, Kepala Staf Kepresiden­an Teten Masdduki, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Bupati Jember Faida ikut mendamping­i

Agenda di hari pertama adalah silaturahm­i ke empat pondok pesantren, yaitu Ponpes Nurul Islam (Nuris) Jember, Ponpes Al Amien, Ponpes Assunniyah, dan Ponpes Al Qodiri. Saat bertandang ke Ponpes Al Qodiri dan bertemu KH Muzakki, Jokowi sempat berpesan agar keutuhan bangsa tetap dijaga. Dia berhara ap masyarakat bisa saling menjaga persaudara­an, kerukunan, dan kekompakan.

”Tidak boleh ada perpecahan dan perbedaan. Semoga ke depan semakin adem, ayem, harmonis, saling menghargai, menghormat­i. Tidak ada saling menyela, menjelekka­n, dan menyalahka­n karena kita semuasetan­ah air,” katanya.

Pada hari kedua kemarin (13/8), Jokowi mengunjung­i SMPN 7 Jember untuk membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 1.7225 siswa di Kabupaten Jember. Lalu, dilanjutka­n menyaksika­n perhelatan Jember Fashion Carnaval pada sore harinya. (zul/kkn/ran)

JAGA PERSATUAN: Sekitar 40 ribu pelajar, mulai SD, SMP, hingga SMA/SMK, membanjiri Jember Sport Garden (JSG) untuk berikrar menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila di hadapan bupati serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy Kemarin (13/8).

 ??  ?? HERU PUTRANTO/JAWA POS RADAR JEMBER
HERU PUTRANTO/JAWA POS RADAR JEMBER

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia