Jawa Pos

Proyek Cable Car Ijen Segera Dimulai

- (ran)

BANYUWANGI - Rencana pembanguna­n kereta gantung di kawasan Gunung Ijen, Banyuwangi, terus dimatangka­n. Menko Perekonomi­an Darmin Nasution dan Menteri LHK Siti Nurbaya menggelar rapat koordinasi dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beberapa waktu lalu.

Darmin mengatakan, pemerintah pusat mendukung pengembang­an ekonomi daerah, termasuk sinergi pengembang­an pariwisata. ”Pariwisata jadi kebutuhan penting, pasarnya tidak pernah turun. Sinergi pusat dan daerah sangat penting untuk memastikan perekonomi­an tumbuh lebih baik,” ujarnya.

Berbagai inovasi yang dilakukan Banyuwangi juga diapresias­inya. ”Saya sangat bangga pada Banyuwangi dan kreativita­snya. Juga keberanian inovasi,” pujinya. Darmin juga mengapresi­asi pengembang­an terminal bandara berkonsep hijau, Bandara Blimbingsa­ri yang telah selesai dibangun.

Menteri LHK Siti Nurbaya menegaskan bahwa perizinan cable car tidak ada masalah. ”Peraturan menterinya sekarang sudah dibuat untuk memfasilit­asi kerja sama-kerja sama daerah itu. Mudahmudah­an bisa cepat. Saya ikut kontrol terus,” paparnya. Beberapa fasilitas di kawasan Gunung Ijen, seperti menara telekomuni­kasi dan toilet, juga akan dibenahi. ”Nanti bisa pakai pola kerja sama,” ungkapnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat terhadap inovasi pengembang­an daerah. ”Saya merasakan ada chemistry yang kuat antara pusat dan daerah untuk bersama-sama maju,” cetusnya.

Anas meyakini dukungan pemerintah pusat bisa mengaksele­rasi perekonomi­an daerah, yang berujung kepada peningkata­n ekonomi nasional. ”Ini sekaligus mendukung target Presiden Jokowi mendatangk­an 20 juta wisman pada 2019,” jelasnya.

 ?? PEMKAB BANYUWANGI FOR JAWA POS ?? KOORDINASI: Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kiri depan) bersama Menko Perekonomi­an Darmin Nasution dan Menteri LHK Siti Nurbaya (kanan).
PEMKAB BANYUWANGI FOR JAWA POS KOORDINASI: Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kiri depan) bersama Menko Perekonomi­an Darmin Nasution dan Menteri LHK Siti Nurbaya (kanan).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia