Jawa Pos

Perbankan Perbesar Produk Ritel

-

SURABAYA – PT Bank CIMB Niaga Tbk gencar menawarkan produk perbankan ritel. Di Surabaya, bank yang masuk jajaran bank umum kelompok usaha (BUKU) 4 alias bank besar itu mengadakan CIMB Niaga Xtra Xpo.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan menargetka­n bisnis perbankan CIMB Niaga secara keseluruha­n di Jatim akhir tahun nanti bisa tumbuh di atas 10 persen. ’’Secara nasional, posisi Jatim dan Suma- tera sejajar. Padahal, opportunit­y di Jatim masih banyak,’’ katanya Sabtu lalu (12/8).

Khusus di segmen ritel, CIMB Niaga memiliki beberapa produk. Di antaranya, kartu kredit, personal loan, kredit pemilikan properti, serta kredit kendaraan bermotor yang mengganden­g anak usaha CIMB Niaga Auto Finance. ’’Sejauh ini portofolio kredit ritel di Jatim relatif bagus,’’ lanjut Lani.

Sebagaiman­a dalam produk KPR, pihaknya terus memperbany­ak kerja sama dengan pengembang lokal. Hingga kini sudah mengganden­g sekitar 12 pengembang yang memiliki proyek di Jatim. Khusus di pameran tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Pakuwon, Sinarmas, dan Ciputra.

’’Meski properti lesu, ceruknya masih besar. Tinggal bagaimana kami bisa mengambil kue tersebut,’’ kata Lani. Di produk consumer banking, KPR mendominas­i hampir setengah dari total kredit. Sementara itu, consumer banking sendiri sekitar 30 persen dari keseluruha­n kredit.

Strategi untuk memperbesa­r KPR sendiri, lanjut dia, tidak semata-mata mengandalk­an bunga murah. Sebab, selama ini konsumen lebih memperhati­kan proses pengajuan kredit. ’’Kalau di Jakarta kurang dari lima hari kerja. Kalau di daerah lain, rata-rata sekitar lima hari,’’ paparnya. Untuk bisnis KPR, pihaknya menargetka­n bisa tumbuh 10 persen tahun ini. (res/c15/sof)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? INKLUSIF: Pengunjung di CIMB Niaga XTRA XPO di atrium Grand City Mall, Surabaya, akhir pekan lalu.
FRIZAL/JAWA POS INKLUSIF: Pengunjung di CIMB Niaga XTRA XPO di atrium Grand City Mall, Surabaya, akhir pekan lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia