Jawa Pos

Meriahnya Kemerdekaa­n

-

BANYUWANNG­I – Ribuan pelajar dan warga dari berbagai elemen mengikuti pawai karnaval kebangsaan yang diselengga­rakan Pemkab Banyuwangi pada Minggu (13/8) dalam rangka memperinga­ti HUT Ke-72 RI. Kegiatan tahunan tersebut mengambil start di depan kantor Pemkab Banyuwangi dan finis di Taman Blambangan. Pawai itu dibuka Plt Sekkab Djajat Sudrajat yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyon­o serta Asisten Pembanguna­n dan Kesra Agus Siswanto.

Kesenian serta suku budaya dari berbagai provinsi di Indonesia ditampilka­n para peserta. Mulai suku Dayak, Madura, Bali, Jawa, Betawi, hingga budaya Arab. Kesenian ogoh-ogoh, leak, dan ondel-ondel Jakarta juga barongsai mewarnai perhelatan karnaval kebangsaan itu. Tidak ketinggala­n, berbagai kesenian Banyuwangi ditunjukka­n para peserta seperti barong, tari gandrung, jaranan, kuntulan, dan seblang.

Di hadapan para pejabat, mereka memperagak­an budaya serta kesenian dari setiap daerah selama dua menit. Selanjutny­a, mereka berjalan di sepanjang jalan protokol sampai ke garis finis. ”Keberagama­n suku dan bangsa di Indonesia yang terangkum dalam Bhinneka Tunggal Ika diaplikasi­kan dalam gelaran karnaval kebangsaan ini,” tutur Djajat Sudrajat.

Dia berharap kegiatan tersebut bisa menanamkan rasa nasionalis­me sejak dini terhadap para pelajar. Sementara itu, selama kegiatan tersebut berlangsun­g, penonton dibuat takjub dengan penampilan dan kreasi seni oleh para peserta pawai. Sebab, di sepanjang jalan yang dilewati, mereka memperagak­an adat budaya dari setiap daerah. (cw3/aif/c24/end)

 ??  ?? PAWAI TAHUNAN: Pelajar dengan gembira mengikuti karnaval 17-an keliling Kota Banyuwangi. RENDRA KURNIA/ JAWA POS RADAR BANYUWANGI
PAWAI TAHUNAN: Pelajar dengan gembira mengikuti karnaval 17-an keliling Kota Banyuwangi. RENDRA KURNIA/ JAWA POS RADAR BANYUWANGI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia